Analisis Reflektif Tentang Presentasi Dan Diskusi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah (KTI) Melalui Fitur Grup Whatsapp (WA) Di Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan dan kemudahan penggunaan fitur grup WhatsApp (WA) sebagai salah satu media presentasi dan diskusi dikalangan mahasiswa, (2) serta peneliti ingin mengetahui tingkat efektifitas presentasi dan diskusi melalui fitur grup WhatsApp (WA) yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif rancangan deskriptif. peneliti memberikan kuesioner kepada 37 orang mahasiswa sebagai responden, pemberian kuesioner bertujuan untuk mencari informasi tentang respon mahasiswa terhadap pengalaman proses presentasi dan diskusi dengan menggunakan fitur grup WhatsApp (WA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penggunaan fitur grup WhatsApp (WA) sebagai media presentasi dan diskusi dikalangan mahasiswa dinilai efektif (tugas, proses diskusi dan nilai Ujian Tengah Semester) dan mudah untuk dilakukan. Hal tersebut dapat memberikan kemudahan serta meningkatkan keaktifan mahasiswa pada proses presentasi dan diskusi. Cara yang dapat dilakukan ketika proses presentasi berlangsung melalui fitur grup WhatsApp (WA) yakni dengan cara mencantumkan link video presentasi yang telah dibuat sebelumnya, kemudian proses diskusi bisa dilakukan dengan cara mengetikkan tanggapan pada kolom komentar dan bisa dilakukan dengan cara merekam suara yang dikenal dengan istilah voice note pada fitur grup WhatsApp (WA).