Peningkatan Pemahaman dan Keaktifan Siswa Kelas V SDN Kalibening Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan Model Pembelajaran STAD

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA pada materi cahaya menggunakan model STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui III siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Kalibening Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 pada bulan April. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari siklus I adalah cukup baik, meningkat menjadi baik pada siklus II, dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus III. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan metode STAD ini sudah bisa meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa walau belum maksimal. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Tetapi, masih ada faktor utama yang dirasakan menghambat yaitu belum seluruh siswa mampu bekerja secara kelompok. Oleh karena itu peneliti harus sering melatih siswa dalam kerja kelompok dan membuat kalimat tanya yang membantu mereka memahami materi.