Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan

https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Authors

Keywords:

BTQ, Mata Pelajaran Bahasa Arab

Abstract

Kemampuan membaca al Quran wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat muslim khususnya muslim Indonesia, beberapa pendekatan dan metodologi dan usaha membantu para siswa supa cepat memahami dan mempunyai kemampuan membaca dan menulis al quran (BTQ) dilakukan termasuk memasukan program Baca tulis pada lembaga pendidikan. Kesungguhan para staikholder pendidikan untuk menciptakan siswa yang menguasi ilmu pengetahuan dan di imbangi keimanan dan ketakwaan yang mendasari sekolah dalam mendorong para siswanya mampu membaca dan menulis al Quran. Peneliti dalam observasi ke Sekolah SMP AL Ihsan Jatisari Kab.Karawang masih menemukan kemampuan para siswa yang masih rendah dalam kemampuan BTQ, selain itu dalam rangka menunjang kemampuan siswa dalam BTQ SMP Al Ihsan mencantumkan Pelajaran Bahasa Arab sebagai bagian dari kurikulum dan keunggulan lokal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam BTQ. Dalam melakukan penelitiannya, Peneliti menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara mata pelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al Quran. Berdasarkan perhitungan statistik yang digunakan, hasil yang diperoleh adalah ditemukannya hubungan yang signifikan antara Mata pelajaran Bahasa Arab dengan kemampuan siswa dalam Membaca dan menulis al Quran pada siswa-siswi kelas IX SMP Al Ihsan Jatisari Kab. Karawang.

References

Al-mazni, A. rafiq. (2006). Pengantar studi ilmu al-Qur’an. Pustaka al-kautsar.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed.). Rineka Cipta.

Efferi, A. (2009). Materi Dan Pembelajaran Qur’an Hadist Mts-MA, STAIN Kudus.

Fajar, A. (2020). Tafsir al- Qur’ān Corak Sastrawi dan Teologis (Study kritis Tafsir al- Kasysyāf Karya al-Zamakhsyari pada ayat-ayat mu ḥ kam - mutasyābih ) Ahmad Fajar 1. Kalamuna, 1(1), 36–63.

Izzan, A. (2009). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Humaniora.

Kosim, A. (2019). Nama-Nama Pesantren di Bandung Raya (Kajian Sosiolinguistik). Kalamuna, 53(9), 1689–1699. https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/kalamuna

Mahyudin, A. F. dan E. (2010). Pembelajaran Bahasa Asing Metode Tradisional & Kontemporer. Bania Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods) (10th ed.). Alfabeta.

Syahatah, H. (n.d.). Ta’lim Al Lughah Al Arabiyyah baina An Nazhariyyah wa At Tatbiq. Darul Misr At Thobaah.

Syakur, N. (2010). Revolusi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab: Dari Pendekatan Komunikatif ke Komunikatif Kambiumi (1st ed.). PT Bintang Pustaka Abadi.

Toha, C. (1999). Metodologi Pengajaran Agama. Pustaka Pelajar.

Yusuf, T. (2009). Metodologi Pembelajaran. Gramedia.

Zulhannan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Rajawali Pers.

Published

2021-07-01

How to Cite

Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05