Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Problem pada Mata Kuliah Kalkulus di STMIK Lamappoleonro

  • Misveria Villa Waru STMIK Lamappapoleonro Soppeng
Keywords: Model Open Ended Problem, Hasil Belajar, Kalkulus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran open ended problem terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus di STIMIK Lamappoleonro. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk one group Pretest - posttest design dengan teknik random sampling. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi teknik informatika yang sedang menempuh mata kuliah Kalkulus pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pretest 50,13 dan posttest 84. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t berpasangan diperoleh nilai t 27,13 dan sig. 0,0001 karena nilai sig lebih kecil dari 5% maka penerapan dengan model pembelajaran open ended problem dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus di STIMIK Lamappoleonro.

References

Arsyad, N., Rahman, A., & Ahmar, A. S. (2017). Developing a Self-Learning Model Based on Open-Ended Questions to Increase the Students’ Creativity in Calculus. Global Journal of Engineering Education, 19(2), 143–147. https://doi.org/10.26858/gjeev19i2y2017p143147

Lambertus, Arapu, L., & Patih, T. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Pendidikan Matematika, 4(1), 73–82.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78

Sulianto, J. (2011). Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Open Ended Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 17(6).

Published
2021-06-02
How to Cite
Waru, M. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Problem pada Mata Kuliah Kalkulus di STMIK Lamappoleonro. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 21-27. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.803
Section
Pendidikan Matematika