WhatsApps Group sebagai Media Mengajar: Keterampilan Guru

Authors

  • Rasyidi Rasyidi SD Negeri No. 121/IX Jerambah Bolong

DOI:

https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.927

Keywords:

keterampilan guru, pelatihan, whatsapp

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan pembelajaran dengan WhatsApp Group (WAG). Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan pendekatan deskriptif.  Sampel penelitian ini diberikan perlakuan dalam bentuk pelatihan, dan terdiri dari semua guru di SDN No. 121/IX Jerambah Bolong serta dilaksanakan selama kurang lebih 4 bulan dimulai 27 Juli sampai dengan 29 Oktober 2020. Pada siklus I nilai rata-rata nilai Indikator Keterampilan Guru dalam Mengajar Menggunakan Media WAG pada angka 63,64% hal ini masih jauh dari yang diharapkan dengan pencapaian 70% sehingga perlu dilakukan Siklus II, pada siklus II pencapaian keterampilan guru mengajar dengan menggunakan media WAG pada angka 86,36% dan telah melbihi dari target yang diinginkan yaitu 70%. Sehingga, dengan bimbingan Menggunakan Media WAG pada guru dalam rangka peningkatan keterampilan mengajar di SDN No. 121/IX Jerambah Bolong telah berhasil. Keterbaruan dalam penelitian ini adalah penggunaan media WhatsApp sebagai wadah untuk pengingkatan keteampilan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aas, M., Vennebo, K. F., & Halvorsen, K. A. (2020). Benchlearning–an action research program for transforming leadership and school practices. Educational action research, 28(2), 210-226. https://doi.org/10.1080/09650792.2019.1566084

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.

Berliani, T. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 218-226.

Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung [PDF File]. Tersedia: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30354

Fadhila, R. (2017). Motivasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97-112. http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(2), 23-32.

Indriyani, A., Saefulloh, M., & Riono, S. B. (2020). Pengaruh Diklat Kependidikan dan Kesejahteraan Guru terhadap Kualitas Guru di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Syntax Idea, 2(7), 176-193. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i7.441

Indriyani, F. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 90-96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Kemp, S. E., Ng, M., Hollowood, T., & Hort, J. (2018). Introduction to descriptive analysis. In Kemp, S. E., Hort, J., & Hollowood, T. (Eds.), Descriptive analysis in sensory evaluation. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons Ltd.

Malinda, T. D. (2018). Hambatan-hambatan guru dalam pengelolaan kelas di kelas III SDN Sawojajar 3 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3: 10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 146-172. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15

Sudana, D. N. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 pada Guru-Guru di Gugus V Kediri, Kecamatan Kediri Kabupaten. International Journal of Community Service Learning, 2(1), 22-27. http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v2i1.13680

Sukarya, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 611-617. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.620

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i2.11410

Downloads

Published

2021-07-15