PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KALABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 206 /II SUNGAI BULUH

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya  kesadaran guru untuk  belajar, kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional,  kurang  efektifnya  PKG, supervisi  pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran  cenderung menitikberatkan pada  aspek administrasi yang mengakibatkan rendahnya kinerja dan wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun  rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah  (PTS) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi edukatif kolaboratif  dapat meningkatkan wawasan dan kinerja guru pada siklus I dalam perencanaan 71,98%, pelaksanaan 72,44%, penilaian 31,3%, tindak lanjut 59,76%, sedangkan siklus II perencaan  92%, pelaksanaan 93,81%, penilaian 90,56%, dan tindak lanjut 83%.