PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VI SEKOLAH DASAR

Abstract

Sumber belajar yang kurang memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi berakibat pada pencapaian tujuan pembelajaran. Hal tersebut, karena berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS) merupakan salah satu keahlian yang wajib dimilki oleh peserta didik dalam pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal HOTS dengan menggunakan e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD, (2) Untuk mendeskripsikan bentuk atau hasil produk e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD, (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat kelayakan penggunaan e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD, (4) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat efektivitas penggunaan e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) Borg and Gall. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SD Negeri Kayu Agung tahun ajaran 2020/2021. Untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan diperoleh dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian yang diperoleh terlihat bahwa (1) Penggunaan e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal tipe HOTS, yang ditandai dengan peningkatan skor hasil belajar peserta didik dalam pre test dan post test. (2) Bentuk atau hasil produk e-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD berbentuk link atau tautan, sehingga mudah diakses oleh peserta didik menggunakan gawai yang terhubung koneksi internet. (3) E-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 88,33 dengan kategori sangat baik, hasil uji validasi ahli media memperoleh skor 88,00 dengan kategori sangat baik, serta hasil uji validasi ahli pembelajaran memperoleh skor rata-rata 82,92 dengan kategori sangat baik. (4) E-modul berorientasi HOTS pada pelajaran IPA kelas VI SD, efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang ditandai dari peningkatan skor rata-rata pre test sebesar 65,00 menjadi skor rata-rata post test sebesar 76,33. Adapun, tindak lanjut penelitian ini yaitu dapat mengembangkan e-modul pembelajaran lainnya untuk mata pelajaran umum di sekolah dasar.