PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD

Abstract

Inkuiri merupakan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki fenomena alam, mahluk hidup atau benda secara kritis, analitis dan logis untuk menghasilkan siswa-siswa yang kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan pendekatan pembelajaran Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick and Carey. Desain yang digunakan adalah: R&D, ADDIE, SDLC, model evaluasi formatif Tesmer. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain multimedia interaktif terstandar berbasis model pembelajaran inkuiri yang dapat membantu guru melaksanakan pembelajaran IPA, untuk pembentukan kompetensi siswa kelas V SD, implikasinya dalam peningkatan produktivitas guru dan peningkatan kompetensi pada siswa belajar, untuk kelas lima sekolah dasar.