PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 05 2X11 KAYUTANAM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA khususnya siswa kelas IV SDN 05 2x11 Kayu Tanam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Desain Posstest Only Control Design . Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV A dan IV B SDN 05 2x11 Kayu Tanam. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling. Analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan thitung = 3.55, karena thitung > ttabel dan ini tidak ada dalam penerimaan Ho sehingga Ha diterima berarti pembelajaran menggunakan media audio visual lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunaan media audio visual  memliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 05 2x11 Kayu Tanam Padang Pariaman.