EFEKTIFITAS INSTRUMEN MONETER SYARIAH TERHADAP PENYALURAN DANA KE SEKTOR USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI INDONESIA

Muhfiatun Muhfiatun, Lailatis Syarifah, Annisa Nur Salam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana  instrumen moneter syariah bergerak mendorong perbankan syariah memberikan  pembiayaan kepada  sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pembiayaan yang diberikan oleh perbankan syariah kepada sektor UKM/UMKM di Indonesia. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini yaitu instrumen moneter syariah: SBIS, SBSN, PUAS, Equivalent Rate Musyarakah, Equivalent Rate Mudharabah, dan Average Margin Murabahah. Menggunakan data sekunder berupa time series dari Januari 2010 sampai Desember 2018. Data yang digunakan adalah data bulanan bersumber dari Statistika Ekonomi dan Keuangan Indonesia pada Bank Indonesia (SEKI-BI), Statistik Perbankan Syariah Indonesia (SPSBI) dan Biro Pusat Statistik (BPS). Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah Metode Vector Autoregression (VAR) atau Vector Error Correction Model (VECM). Hasilnya menunjukkan bahwa Instrumen Moneter Syariah seperti SBIS, SBSN, dan PUAS tidak efektif mendorong penyaluran dana ke sektor UMKM di Indonesia 

Keywords: Efektivitas, Instrumen Moneter Syariah, Penyaluran Dana, Sektor UMKM, VAR/VECM

 


Full Text:

PDF

References


Ayuniyyah, Qurroh. 2010. Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Syariah dan Konvensional Terhadap Pertumbuhan Sektor Riil di Indonesia , Skripsi, Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, IPB.

Daniar 2016. Transmisi Kebijakan Moneter Syariah: Sebuah Analisa, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol.1, No.1, Februari.

Enders, W. 2004. Applied Econometric Time Series. 2nd Edition. New York: John Wiley & Sons.

Gujarati, D. 2004. Basic Econometric, 4th Edition, New York: McGraw-Hill

Karim, Adiwarman A. 2001. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: The Internasional Institute of Islamic Thought Indonesia.

Kinanti, Risma Ayu, dkk, 2017. Analysis On The Relationship of Islamic Monetary Instrument With Total Financing Of Islamic Banking In Indonesia, Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 98

Murni A. 2012. Ekonomi Mikro. Bandung: Refika Aditama

Ningrum, Hesti Septi. 2018. Efektivitas Instrumen Moneter Syariah dan Konvensional Terhadap Penyaluran Dana Ke Sektor Industri Pengolahan di Indonesia, Skripsi, Institut Pertanian Bogor.

Ningsih, Kurnia. 2013. Jalur Pembiayaan Bank Syariah dalam Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia, Universitas Brawijaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ramadhan, MM & Beik IS. 2013. Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Syariah dan Konvensional Terhadap Penyaluran Dana ke Sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Indonesia, Jurnal al-Muzara’ah Vol I, No.2.

Rusydiana, 2009. Mekanisme Transmisi Syariah pada Sistem Moneter Ganda di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan: Volume 11 No. 4 Edisi April.

Septindo D, Novianti T, Lubis D. 2016. Analisis Pengaruh Instrumen Moneter Syariah dan Konvensional Terhadap Penyaluran Dana ke Sektor Pertanian di Indonesia. Al Muzaraah: Journal of Islamic Economics and Finance, Vol. 4, No. 1.

Sudarsono, Heri. 2017. Analisis Efektifitas Transimis Kebijakan Moneter Konvensional dan Syariah dalam Mempengaruhi Tingkat Inflasi, Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, Vol.3.No.2, Juli.

Tambunan, Tulus. 2009. UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Wibowo, Muhammad Ghafur, 2017. Analisis Efektivitas Transmisi Moneter Ganda Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol 25, No. 2.

Widarjono, Agus, 2013. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya, Yogyakarta: Ekonisia-FE UII.

Zakik (2013), Analisis Efektivitas Kebijakan Moneter dan Kebijakan Fiskal Terhadap Tingkat Pendapatan Per Kapita, Media Trend, Vol. 8 No.1 Maret 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/al-mashrof.v2i1.8743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance Indexed by:

Garuda-Garba Rujukan Digital
Moraref
Google Schoolar
Dimensions
Index Copernicus
ORCID
BASE

Al-Mashrof is Islamic Banking and Finance a Journal, Published by the Faculty of Islamic Economics and Business at UIN Raden Intan Lampung - Indonesia. (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/almashrof/index). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.