Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Kooperatif Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 4 Kota Jambi pada Materi Rangkai Listrik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada rangkaian listrik dan sikap kerjasama siswa di kelas XII IPA1 SMAN 4 Kota Jambi tahun pelajaran 2014/2015. Hasil belajar dan sikap siswa pada materi ini belum menunjukkan menunjukkan ketercapaian pada indikator yang telah ditetapkan yaitu rata-rata kelas 70% dan rata-rata siswa yang mendapatkan hasil belajar di atas 70 adalah 80%. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dan pada setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil tindakan menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dan sikap kooperatif siswa kelas XII IPA1 SMAN 4 Kota Jambi tahun pelajaran 2014/2015. Yaitu Hasil belajar: Rata-rata kelas meningkat dari prasiklus hingga siklus kedua menjadi 23,28%. Rata-rata siswa mendapat nilai ?70 dari prasiklus hingga siklus kedua meningkat 53,12%. Sikap kooperatif: Mau bekerjasama meningkat sebesar 31,25%. Bisa berinteraksi satu sama lain meningkat sebesar 28,13%. Tidak individualistic meningkat hingga 31,25%.