Penerapan Model Pembeelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa MAN 1 Sarolangun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan keterampilan menulis teks eksposisi siswa MAN 1 Sarolangun melalui pereapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian PTK(Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan empat tahap, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Instrumen yang digunakan adalah tes dan obsevasi. dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan meghitung rata-rata kelas yaitu menghitung persentase ketuntasan siswa secara klasikal, siswa dinyatakan lulus apabila memperoleh nilai . Jumlah sampel adalah 24 siswa yaitu 12 laki-laki dan 12 perempuan pada kelas X IIS MAN 1 Sarolangun. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks eksposisi siswa setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah melalui tindakan siklus I, nilai rata-rata 65,78 atau 37,50% dengan kategori kurang. Tindakan siklus II nilai rata-rata 85,20 atau 91,68% dalam kategori baik. Kesimpulannya adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa MAN 1 Sarolangun.