PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU PADA MUATAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 3/IX SENAUNG

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan peneliti banyaknya siswa yang memiliki hasil belajar rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan “Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Terpadu pada muatan Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Kooperatif tipe Make a match di kelas IV SDN 3/IX Senaung ”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV.A semester ganjil (satu) tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. waktu penelitian dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2019. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan mengunakan instrument observasi, lembar ovservasi, pengamatan, tes dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan mengunakan reduksi data dan persentasi. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui metode Kooperatif tipe Picture and picture dapat meningkatkan Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I (46%) dan Siklus II (83%).