UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN INDIVIDU DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOLELO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian, sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pembimbingan individu dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian dan ingin mengetahui berapa persen kenaikan kemampuan guru dalam menyusun soal ulangan harian setelah dilakukan pembimbingan individu. Prosedur tindakan yang dilakukan melalui 2 siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan penelaahan serta refleksi. Tindakan pembimbingan individu dalam satu sekolah dilakukan oleh peneliti selaku kepala sekolah sedangkan sebagai pengamat atau kolaborator mengambil seorang guru kelas V di sekolah yang sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbingan individu dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyusun soal ulangan harian bagi guru kelas. Hal ini dibuktikan dengan naiknya nilai kemampuan menyusun soal ulangan harian dari 32,5 poin menjadi 65 poin pada siklus 1 dan 85,6 poin pada siklus 2. Sedangkan tindakan pembimbingan individu dalam satu sekolah dari kondisi awal 8,3 poin menjadi 87,5 poin pada siklus 1 dan 95% pada siklus 2.