UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA TEMA SELAMATKAN MAKLUK HIDUP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI 1 BINANGUN KECAMATAN WATUMALANG KABUPATE

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa melatar belakangi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa mata pada pelajaran IPA Tema Selamatkan Makluk Hidup Materi Perkembangbiakan Pada Tumbuhan menggunakan model pembelajaran Discovery learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Binangun yang berjumlah 21 siswa. Jenis Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Setiap pertemuan diadakan evaluasi dengan menggunakan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada muatan pembelajaran IPA Tema Selamatkan Makluk Hidup. Penggunaan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Hasil keterampilan proses sains siswa dari pra siklus ke siklus II mengalami peningkatan, pada pra siklus 10% dengan rata-rata 18 pada pra siklus menjadi 95% dengan rata-rata 26 dengan kategori tinggi pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan persentase ketuntasan pada awal pra siklus dari 43% dengan rata-rata nilai 64.05 menjadi 90% dengan rata-rata 88.33 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema indahnya keragaman di negeriku sub tema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pada kelas VI SD Negeri 1 Binangun Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo.