Evaluasi Pembelajaran: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan

Authors

  • Hera Deswita Universitas Pasir Pengaraian
  • Marfi Ario Universitas Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.14

Keywords:

Profil, Kemampuan, Koneksi Matematis

Abstract

Kajian mengenai profil kemampuan koneksi matematis penting untuk dilakukan sebagai langkah awal untuk melakukan evaluasi demi memperbaiki kualitas kemampuan siswa. Ketidakpahaman siswa pada suatu konsep akan mempengaruhi pemahaman siswa pada konsep yang lain. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pembelajaran dalam kaitannya dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Objek penelitian adalah siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa masing-masing 17 dan 24 siswa. Pengumpulan data melalui pemberian tes koneksi matematis. Analisis data dengan menghitung persentase nilai siswa pada setiap indikator kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan sangat rendah dengan rata-rata masing-masing 40,52 dan 7,41. Indikator kemampuan koneksi matematis yang paling sulit bagi siswa SMPN 1 Kepenuhan adalah menghubungkan antara matematika dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan indikator kemampuan koneksi matematis yang paling sulit bagi siswa SMPN 2 Kepenuhan adalah menghubungkan berbagai konsep dalam matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruner, JS. (2009). Discovery Learning Model as the Theoretical Basis of Light Bounces Lesson. Journal EDT665 Fall December 2009.

Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Lestari, KE. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan UNSIKA Vol 2, No 1, November 2014.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United State: Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Ramdhani, S. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Kependidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu

Sugiman. (2008). Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Vol 4, No 1. Juni 2008.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-10-05

How to Cite

Deswita, H., & Ario, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMPN 1 dan SMPN 2 Kepenuhan. Journal of Education and Teaching (JET), 1(1), 33-39. https://doi.org/10.51454/jet.v1i1.14