The Implementation of the Jigsaw-Type Learning Model to Improve Learning Outcomes in History Subjects in the Basic Competencies of Describing Historical Traditions
DOI:
https://doi.org/10.51454/jet.v1i2.48Keywords:
Jigsaw, Historical Tradition, pre-literal, literalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar siswa, serta terjadinya perubahan sikap dan tingkah laku siswa terhadap model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pada kegiatan berikutnya dilakukan pengembangan program pembelajaran berdasarkan pada data-data baik yang diperoleh dari siswa, guru dan setting kegiatan sosial antar siswa maupun siswi dengan guru baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Setiap kegiatan pembelajaran pada penelitian ini direncanakan terlebih dahulu dan dilaksanakan melalui tiga macam siklus. Untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran digunakan pendekatan pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas maka dapat diperoleh data-data hasil evaluasi kegiatan belajar siswa melalui ulangan ke 1 yaitu 64 (belum menggunakan pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw). Setelah menggunakan jigsaw maka hasil evaluasi kegiatan belajar siswa melalui ulangan meningkat menjadi 71 pada siklus I, 73 pada.siklus II dan 76 pada siklus III. Adapun prosentase tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan jigsaw adalah 56 %, setelah menggunakan jigsaw secara bertahap mengalami peningkatan dari 72 % pada siklus I, 86 % pada siklus II dan 100 % pada siklus III.
Downloads
References
Aqib, Z. d. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, untuk Guru. Bandung : CV. Irama Widya.
Hidayatullah, F. M. (2010). Pengembangan Profesionalisme Guru. Surakarta: UNS Press.
Isjoni. (2010). CooperativeLearning . Bandung: Alfabeta.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1991). Cooperative learning and classroom and school climate. Educational Environments, 55–74.
Julinar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 73-80.
July, O., & Bennett, D. (2009). What is cooperative learning? ASHE-ERIC Higher Education Report, 20(4), 1–13. https://doi.org/10.1002/aehe.3640200405
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Kusnandar. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Ling, C. G. (1981). Principles of language learning and teaching. In System (Vol. 9, Issue 1, pp. 67–68). https://doi.org/10.1016/0346-251x(81)90016-6
Mastati, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 247.
Nasional, T. P. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lemlit Universitas Negeri Yogyakarta.
Santyasa, W. I. (2007). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Slavin, R. E. et al. (1985). Learning to Cooperate, Cooperating to Learn. Plenum Press. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-3650-9
Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.
Sulasmi. (2014). Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata PelajaranIlmu Pengetahuan Sosial Kelas IV di SD Mardisiswa Tambaksari Surabaya. JPGSD, 2(3).
Suprijono, A. (2012). Kooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryanti, d. (2009). Model-model pembelajaran Inovatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Suwandi, S. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Versions
- 2021-01-23 (2)
- 2021-01-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Haryanto Haryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.