Strategi Pemasaran Suwar-Suwir Putri Tunggal Jember Tahun 2019

  • Wardatul Novianti Wahyuni Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember

Abstract

Abstrak : Penelitian ini mengkaji tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh UD. Putri Tunggal dalam memasarkan suwar-suwir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. Putri Tunggal dalam memasarkan suwar-suwir menggunakan strategi bauran pemasaran (Produk, Harga, Promosi dan Distribusi). Strategi produk, industri suwar-suwir putri tunggal sangat menjaga kualitas produk tanpa menggunakan bahan pengawet dan produk yang dihasilkan masuk kedalam produk yang tidak tahan lama (nondurable goods). Strategi harga, penentuan harga yang dilakukan industri Suwar-suwir Putri Tunggal menggunakan dasar biaya yaitu Mark-up pricing. Strategi promosi, dengan cara kontak langsung dengan konsumen (personal selling) dengan menggunakan distribusi intensif dimana barang yang dipasarkan diusahakan agar dapat menyebar seluas mungkin. Kata Kunci : Pemasaran, Produk, Harga, dan Promosi.
Published
2020-03-09
How to Cite
Wahyuni, W. N. (2020). Strategi Pemasaran Suwar-Suwir Putri Tunggal Jember Tahun 2019. LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 137-147. https://doi.org/10.53515/lantabur.2020.1.2.137-147
Section
Articles