Etos Kerja Sebagai Landasan Karyawan Dalam Bekerja (Studi Kasus di Toko Trio Balung Jember Tahun 2020)

  • Alfian Izzat El Rahman Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember, Jawa Timur

Abstract

Abstrak : Dalam perusahaan ataupun organisasi, terdapat tujuan yang harus di capai. Etos kerja menjadi salah satu dasar yang bisa meningkatkan mutu dan kinerja karyawan dalam bekerja. Perusahaan harus berperan aktif dalam meningkatkan etos kerja karyawan, etos kerja karyawan yang baik akan memberikan dampak yang baik pula bagi perusahaan. Etos kerja erat kaitaannya dengan disiplin, semangat kerja, kejujuran dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang Etos Kerja yang diterapkan oleh karyawan toko Trio Balung dalam bekerja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian yakni, data primer dan sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Etos kerja yang diterapkan meliputi beberapa aspek 1). Aspek disiplin kerja dalam menghargai waktu, 2). Aspek jujur dalam hal penyampaian informasi kepada pelanggan atau atasan, 3). Aspek pelayanan terhadap konsumen dengan mengedepankan sifat keramahan dan keakraban kepada konsumen, 4). Aspek tanggung jawab dalam bidang pekerjaan masing-masing karyawan. Keyword : Etos Kerja, Disiplin, Jujur, Tanggung Jawab
Published
2021-03-20
How to Cite
El Rahman, A. I. (2021). Etos Kerja Sebagai Landasan Karyawan Dalam Bekerja (Studi Kasus di Toko Trio Balung Jember Tahun 2020). LAN TABUR : Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 101-112. https://doi.org/10.53515/lantabur.2021.2.2.101-112
Section
Articles