Pengembangan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mahasiswa Disabilitas Tuna Daksa dan Grahita Ringan

  • Herman Wijaya Universitas Hamzanwadi
  • Irwan Rahadi Universitas Hamzanwadi
  • Khirjan Nahdi Universitas Hamzanwadi
  • Eva Nurmayani Universitas Hamzanwadi
  • Aswasulasikin Aswasulasikin Universitas Hamzanwadi
  • Heri Kuswanto Universitas Hamzanwadi
Keywords: tuna grahita, tuna daksa, disabilitas, pembelajaran, discovery learning

Abstract

Pembelajaran inklusi untuk peserta didik disabilitas merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran discovery learning pada mahasiswa disabilitas tuna daksa dan grahita ringan dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran kemampuan berbicara lanjut. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis pengembangan Borg & Gall dengan menggunakan 7 tahapan yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan ujicoba serta finalisasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendahuluan (rasionalisasi inovasi, model discovery learning, model pembelajaran, dan teori pendukungnya); model pembelajaran dengan pendekatan discovery learning (Kajian tentang pendekatan discovery learning dan komponen model pembelajaran); dan petunjuk pelaksanaan model pembelajaran problem learning (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) dilengkapi dengan video pelaksanaan kegiatan pembelajarannya. Selain itu juga proses pembelajarannya menghasilkan video pembelajaran sebagai oupput hasil kegiatan pembelajaran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.

Eggen, P. D., & Kauchak, D. (2014). Educational Psychology (Vol. 403). Prentice Hall. Pustaka Pelajar.

Faizah, I., & Handayani, P. (2019). Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Ar-Rahman Desa Ganggang Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 169–175.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2006). Educational Research: An Introduction, 8th Edition. Educational An Introduction.

Herman Wijaya, & Fikri, Z. (2019). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII MTS. Hizbul Wathan Semaya. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i3.7

Hidayah, M., Sujadi, I., & Pangadi, P. (2014). Proses Berpikir Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Pada Operasi Hitung Campuran. Journal of Mathematics and Mathematics Education (JMME), 4(1), 20–32.

Slavin, R. E. (2019). Educational psychology: Theory and practice.

Sunusi, H. C., Soetjiningsih, C. H., & Kristijanto, A. I. (2018). Picture Exchange Communication System (PECS) dan Communication Apprehension (CA) pada Remaja Tunagrahita Jenjang SD di SLBN Salatiga. Jurnal Psikologi. https://doi.org/10.22146/jpsi.33607

Supena, A. (2005). Model Pendidikan Inklusif. Parameter, 29(2). https://doi.org/doi.org/10.21009/parameter.292.03

Suryani, N., & Mumpuniarti, M. (2018). Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 101. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5760

Takdir, M. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vicational Skill. Diva Press.

Wijaya, H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Konstruktivis Siswa Kelas V. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(02).

Wijaya, H. (2020). Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 425–435.

Published
2021-05-17
How to Cite
Wijaya, H., Rahadi, I., Nahdi, K., Nurmayani, E., Aswasulasikin, A., & Kuswanto, H. (2021). Pengembangan Pembelajaran Discovery Learning Untuk Mahasiswa Disabilitas Tuna Daksa dan Grahita Ringan . Madaniya, 2(2), 143-151. https://doi.org/10.53696/27214834.67
Section
Artikel