PENGARUH KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA MUSLIM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Iin Ratih Ningcahya(1*), Lilik Rahmawati(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah keputusan pembelian melalui shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Univesitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya angkatan 2016-2019 dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji t yang didukung dengan uji statistik menggunakan IBM SPSS Statistic 19. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Hal ini berdasarkan dari Uji t yang menghasilkan t-hitung ≤ t-tabel yaitu -1745 ≤ 1,984 dan berdasarkan tingkat signifikansi (0,87 ≥ 0,05), dimana dari hasil ini dapat dinyatakan bahwa tidak ada pengaruh keputusan pembelian melalui Shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa muslim di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.


Keywords


Kata kunci: Keputusan Pembelian, Shopee, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/iqt.v6i1.2759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This journal is indexed by:

             

--------------------------------------------------------------------------------------------

Al-Iqtishadiyah : Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License