Improvement of the Teachers Quality of Distance Learning (PJJ) Plans during the Covid-19 Pandemic

Abstract

Pembelajaran di masa pandemic Covid-19 merupakan tantangan bagi semua elemen pendidikan di Indonesia. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) diharapkan menjadi solusi bagi pendidikan masa pandemic Covid-19, akan tetapi dalam praktik PJJ tidak sedikit guru gagap teknologi, malas membuat komponen-komponen administrasi pembelajaran dan media pembelajaran sehingga ini mempengaruhi terhadap keberhasilan pembelajaran. Artikel ini membahas siklus perkembangan perencanaan PJJ yang dilakukan guru. Menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan metode deskriptif memanfaatkan siklus-siklus yang dilakukan untuk menjelaskan hasil temuan, teknik pengumpulan data dengan langkah-langkah: 1. Perencanaan Tindakan; 2. Pelaksanaan Tindakan; 3. Pengamatan (Observasi). Hasil temuan menunjukkan bahwa pada siklus 1 banyak guru yang tidak melengkapi administrasi perencanaan PJJ baik pada silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Daftar Hadir (DH) dan Daftar Nilai (DN) peserta didik dengan perbaikan dan refleksi dialog kolaboratif. Pada siklus 2 menunjukkan kenaikan dalam persiapan kelengkapan administrasi perencanaan PJJ walaupun masih ada guru yang belum melengkapi tetapi tidak signifikan seperti temuan pada siklus 1, sehingga pelaksanaan evaluasi kepada para guru dengan pendekatan kolaboratif kembali dan pendampingan berkala dalam penyusunan perencanaan PJJ.