Activities at the Banjarbaru Tomato Creation House as a Learning Resources on Social Studies

Abstract

Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru merupakan usaha pengolahan tomat sebagai bahan dasarnya menjadi produk makanan dan minuman. Kajian potensi pasar menjadikan berbagai kreasi produk-produk baru dengan memanfaatkan tomat sebagai bahan dasar mencakup ranah produksi, distribusi dan konsumsi. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas di Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru sebagai sumber belajar IPS. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang untuk mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dengan uji keabsahan data triangulasi (waktu, teknik, dan sumber), membercek, dan perpanjangan pengamatan. Rumah Kreasi Tomat merupakan UMKM yang berdiri pada tahun 2017 di bidang kuliner dengan produksi sirup tomat, permen tomat dan manisan tomat yang meningkatkan aktivitas ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di sekitar lokasi usaha. Rumah Kreasi Tomat Banjarbaru memproduksi olahan makanan berbahan dasar tomat seperti permen tomat, sirup tomat, dan manisan tomat yang juga dijual melalui online seperti instagram dan shopee, toko oleh-oleh, Indogrosir, serta mengikuti bazar yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS berkesesuaian materi produksi, distribusi, dan konsumsi pada materi pembelajaran IPS kelas VII semester 2.