GALOMBANG DUNIE DAN BUJANG MARANTAU: KAJIAN PROSES KREATIF PENGARANG

Fahmi Fahrozi, Silvia Rosa, Pramono Pramono

Abstract


Artikel ini menguraikan proses kreatif penggarapan naskah randai yang bertemakan merantau antara dua orang pengarang yang berbeda domisili. Naskah randai yang dituliskan oleh Jamaluddin Umar yang berjudul Galombang Dunie dituliskan di daerah asal (kampung) Minangkabau; sedangkan naskah randai yang ditulis Namlani yang berjudul Bujang Marantau dituliskan di daerah rantau Minangkabau (Denpasar, Bali). Penelitian ini menggunakan metode penelitian sosiologi sastra. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini adalah tahap pengumpulan data, tahap analisis, dalam penarikan simpulan. Untuk menganalisis proses kreatif, dalam penelitian ini dilakukan analisis latar belakang sosial, proses kreatif kedua pengarang, dan faktor pendorong terjadinya proses kreatif.

Hasilnya, proses kreatif kedua pengarang dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan dan latar belakang pekerjaan. Selanjutnya proses kreatif naskah randai Galombang Dunie dan naskah randai Bujang Marantau meliputi proses mendapatkan ide, proses inkubasi, proses iluminasi, proses verifikasi dan proses publikasi karya. Terakhir, faktor pendorong terjadi proses kreatif terhadap naskah randai Galombang Dunie dan naskah randai Bujang Marantau meliputi pengaruh pengalaman dalam menentukan tema dan pengaruh psikologis dalam menentukan tema dan hasil kreativitas dalam menentukan tema.


Keywords


Jamaluddin Umar; Namlani; Proses Kreatif; Naskah; Randai

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achmad, A.Kasim. (2006). Mengenal Teater Tradisional di Indonesia. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Bagiya, Putut Hasanudin. (2015). “Kajian Sosiologi Sastra Memang Jodoh Karya Marah Rusli dan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol.3, No.23.(http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/4854)

Dahrizal, Musra & Umar, Jamaluddin. (2015). Naskah Randai Pilihan. Padang: SURI (Surau Institute for Conservation).

Damono, Sapardi Djoko. (2002). Pedoman Penelitian Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa.

Endaswara, Suwardi. (2008) Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fernando, Victhor. (2018). “Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Mellow Yellow Drama Karya Adrey Yu Ji Hui: Kajian Strukturalisme Genetik”. Jurnal Ilmu Budaya. e-ISSN 2549-7715. Vol.2, No.1:71-80. (http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JBSSB/article/view/1015)

Lestari, Miuru Legi. (2017). “Hubungan Aspek Sosiologi Pengarang Dengan Unsur Intrinsik dalam Novel Nijuushi No Hitomi”. Jurnal Program Studi Sastra Jepang. E-ISSN 2301-5527. Vol.6, No.2. (https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Hubungan+Aspek+Sosiologi+Pengarang+Dengan+Unsur+Intrinsik+dalam+Novel+Nijuushi+No+Hitomi&btnG=)

Naim, Mochtar. (1984). Merantau. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Navis, A.A. (1984). Alam Takambang Jadi Guru:Adat dan Kebudayaan. Jakarta: Graffiti Pers.

Ratna, Nyoman Kutha. (2007). Sastra dan Cultural Studies : Representasi Fiksi dan Fakta.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Garsindo.

Sumardjo, Jacob & K.M, Saini. (1986). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Yendrisyah, Ricki. (2012). “Mamak Dalam Naskah Randai “Sumarak Nagari” Karya Buchari RM: Tinjauan Sosiologi Sastra”. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v9.i1.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter