KABA: Sebuah Penelusuran Bibliografi dan Pemetaan Kajian

Imam Gozali

Abstract


Kaba adalah salah satu genre sastra yang cukup populer di Minangkabau.  Genre sastra ini sejak zaman kolonial hingga sekarang masih menjadi objek kajian yang menarik dari para peneliti di bidang kesusasteraan. Akan tetapi, belum ada penelitian yang menyajikan informasi tentang apa saja hasil kajian-kajian yang telah dilakukan peneliti terdahulu terhadap kaba. Hal ini memungkinkan terjadinya tumpang tindih kajian terhadap satu objek. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menyajikan informasi terhadap hasil penelitian yang pernah dilakukan terhadap kaba.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelusuran kepustakaan. Teknik penelitiannya dengan cara mengumpulkan bibliografi kaba sebanyak-banyaknya dari pelbagai perpustakaan dan sumber-sumber penelitian terdahulu yang terkait dengan objek. Selanjutnya, data tersebut dipetakan menurut kajian kritik teks, kajian kritik sastra, penelitian kaba terkait bidang linguistik dan penelitian kaba sebagai sastra lisan.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa, kaba sudah ditulis oleh orang Minangkabau sejak tahun 1831 dan penelitian terhadap jenis sastra ini sudah dilakukan oleh sarjana Belanda sejak tahun 1881. Pada pemetaan kajian yang  dilakukan, penelitian kaba dengan kajian kritik teks masih jarang dilakukan oleh para peneliti karena naskah kaba banyak berada diluar negeri, sehingga membutuhkan waktu dan dana yang besar untuk melakukan penelitian. Pada kajian kritik sastra penelitian kaba masih bersifat struktural dan belum ada kajian yang mendalam. Selanjutnya pada bidang linguistik,penelitian kaba masih sedikit sekali dilakukan oleh para peneliti. Dan pada pemetaan penelitian kaba sebagai sastra lisan yang perkembangannya sudah sampai kepada perekaman, arah penelitian kaba bisa dikembangkan kepada objek kaba rekaman dalam bentuk kaset maupun video compact disk (VCD).

Keywords


kaba; bibliografi; pemetaan kajian; sastra Minangkabau

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. 2009. ”Beberapa Catatan Tentang Kaba Cindua Mato: Suatu Contoh Sastera Tradisional Minangkabau”. Jurnal Terjemahanan Alam dan Tamadun Melayu. Volume I. Halaman 117. Kuala Lumpur : Institut Alam dan Tamadun Melayu Universiti Kebangsaan Malaysia.

Amir, Adriyetti. 2003. “Sastra Lisan Minangkabau”. Diktat. Padang : Fakultas Sastra Unand.

__________. dkk. 2006. Pemetaan Sastra Lisan Minangkabau. Padang : Andalas University Press.

__________. 2009. Kapita Selekta Sastra Minangkabau. Padang : Minangkabau Press.

Azra, Azyumardi. 2003. Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bakar, Jamil, dkk. 1979. ”Kaba Minangkabau I dan II”. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

De Jong, P.E. de Josseline. 1986. Kaba si Manjau Ari. Jakarta Balai Pustaka.

Djamaris, Edwar. 2002. Pengantar Sastra Rakyat Minangkabau. Yayasan Obor Indonesia.

Dobbin, Cristine. 1992. Kebangkitan Islam dan Ekonomi Petani yang Sedang Berubah : Sumatra Tengah, 1784-1847 (diindonesiakan oleh Lilian D. Tedjasudhana). Jakarta : INIS.

Ekadjati, Edi. S (Penyunting). 2000. Direktori Edisi Naskah Nusantara. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Esten, Mursal. 1977. ”Kaba Minangkabau : Beberapa Kemungkinan dan Pengembangannya” dalam Bahasa dan Sastra. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Fadlillah. dkk. (Ed). 2004. Dinamika Bahasa, Filologi, Sastra dan Budaya (Kenang-kenangan untuk Prof. Dr. Amir Hakim Usman). Padang : Andalas University Press.

Hawkins, Ann R. (ed). 2006. Teaching Bibliography, Textual Criticism, and Book History. London: Pickering and Chatto.

Junus, Umar. 1984. Kaba dan Sistem Sosial Minangkabau: Sebuah Problem Sosiologi Sastra. Jakarta : Balai Pustaka.

__________. 1994. ”Kaba : An unfinished (His-) Story”. Journal Southeast Asian Studies, Vol. 32, No.3, December 1994. Kyoto University.

__________. 2001. ”Malin Kundang dan Dunia Kini” Jurnal Sari Volume 19. Halaman 69-83. Malaysia

Kato, Tsuyoshi. 2005. Adat Minangkabau dan Merantau Dalam Perspektif Sejarah. Jakarta : Balai Pustaka.

Keraf, Gorys. 1984. Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1982, Kamus Linguistik, Jakarta: Gramedia

Mansoer, M.D., dkk. 1970. Sedjarah Minangkabau. Djakarta : Bratara.

Moussay, Gerard. 1998. Tata Bahasa Minangkabau (diindonesiakan: Rahayu S. Hidayat). Jakarta : EFEO, Yayasan Gebu Minang, Univ. Leiden-Project Division, dan Kepustakaan Populer Gramedia.

Muhardi. 1986. “Kritik dan Edisi Teks Kaba si Tungga”. (Tesis). Bandung : Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

Musfeptial. 2007. ”Transformasi Kaba ke Naskah Drama Studi Komparatif Kaba Minangkabau dan Naskah Drama Malin Kundang Karya Wisran Hadi” (Tesis). Program Pascsarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Naim, Mochtar. 1975. Bibliografi Minangkabau: A Preliminary Edition. Singapore : University of Singapore.

Navis, A.A. 1984. Alam Terkembang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau. Jakarta : Grafitipers.

Nurizatti. 1994 Kaba Malin Deman: Sebuah Kajian Filologis. Bandung : Fakultas Pascasarjana, Universitas Padjajaran.

Philips, Nigel. 1981. Sijobang Sung Narative Poetry of West Sumatra. Cambrigde : Cambridge University Press.

Pramono. 2008. “Pemetaan Teks dan Kritik Sastra Terhadap Kaba : Sebuah Penelitian Awal”. Jurnal Ilmu Budaya. Pekanbaru : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning.

__________. 2010. ”Itegrasi Teknologi Dalam Revitalisasi Koleksi Minangkabausiana Klasik” (Makalah). Seminar Pemasyarakatan Minat Baca pada Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, Padang, 18 April 2010.

Ronkel, Ph. S. Van. 1908. “Catalogus Der Maleische Handschriften van Het Koninklijk Instituut Voor De Taal- Land- En Volkenkunde van Nederlands-Indie”. No. 60.

Sartuni, Rasjid. 1994. ”Nilai budaya Minangkabau dalam Kaba ‘Rancak Dilabuah’ disertai perbandingan naskah” (Tesis). Depok : Pascasarjana Universitas Indonesia.

Simulie, Kamardi Rais Dt. P. 2002. Menelusuri Sejarah Minangkabau. Padang: Yayasan Citra Budaya Indonesia dan LKAAM Sumbar.

Sulistyo, Basuki. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Suryadi. 1994. ”Indang : Seni Bersilat Lidah di Minangkabau” Jurnal Seni, No. 03/IV, Yogyakarta.

_________. 2004. Syair Sunur : Teks dan Konteks Otobiografi Seorang Ulama Minangkabau Abad Ke-19. Padang. Pusat Pengkajian Islam dan Minangkabau (PPIM).

_________. 2006. ”Vernacular Intelligence: Colonial Pedagogy and the Language Question In Minangkabau. Indonesian”. Journals Indonesia and the Malay World, Vol. 34, No. 100 November 2006.

_________. 2009. “Khazanah Sastra Lisan Minangkabau: Takok-Taki”. dalam

http://niadilova.blogdetik.com/index.php/archives/268. diakses tanggal 8 Oktober 2012.

_________. 2009. “J.L. Van Der Toorn: Kepala Sekolah Raja (Kweekschool) Bukittinggi Pemerhati Budaya Minang”. Dalam http://niadilova.blogdetik.com/index.php/archives/274#more-274. diakses tanggal 8 Oktober 2012.

Teeuw, A. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta : Pustaka Jaya.

Udin, Syamsuddin, dkk. 1987. Struktur Kaba Minangkabau. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

_________. 1989. Identifikasi Tema dan Amanat Kaba Minangkabau. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

_________. 1991. Kaba Gombang Patuanan Tradisi Lisan Minangkabau. (Indonesian Linguistics Development Project II)

Walden, Graham R. 2008. A Selective Annotated Bibliography: Art and Humanities, Social Sciences, and the Nonmedical Sciences. Plymouth, United Kingdom: The Scarecrow Press, Inc.

Wellek, Rene & Austin Waren. 1990. Teori Kesusasteraan. (diindoneisakan oleh Melani Budianta. Jakarta : Gramedia.

Wieringa, Edwin. 1997. ”The Kaba Zamzami jo Marlaini : continuity, adaptation, and change in Minangkabau oral storytelling”. Journals Indonesia and the Malay World, Vol. 25, No. 73 November 1997.

WS, Hasanuddin. 2003. Transformasi dan Produksi Sosial Teks Melalui Tanggapan dan Penciptaan Karya Sastra: Kajian Intertektual Teks Cerita Anggun Nan Tungga Magek Jabang. Bandung : Dian Aksara Press.

Yusuf, M. 1994. “Persoalan Transliterasi dan Edisi Hikayat Tuanku Nan Muda Pagaruyung (Kaba Cindua Mato)” (Tesis). Depok : Pascasarjana Universitas Indonesia.

__________. (Penyunting). 2006. Katalogus Manuskrip dan Skriptorium Minangkabau. Kelompok Kajian Poetika Fakultas Sastra Universitas Andalas dan Centre for Documentation and Area-Transcultural Studies, Tokyo University of Foreign Studies. Japan.

Zed, Mestika. 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zuriati. 2006. Bataram : Sutan Pangaduan dari Pesisir Minangkabau. Padang : Andalas University Press.

__________. 2007. Undang- Undang Minangkabau Dalam Perspektif Ulama Sufi. Padang : Fakultas Sastra. Universitas Andalas.

Sumber dari website :

http://www.pnri.go.id

http://www.kitlv.nl

http://www.acehbooks.org




DOI: http://dx.doi.org/10.25077/we.v3.i2.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REPOSITORI / TERINDEKS DALAM

          

 

 

 

STATISTIK PENGUNJUNG

Flag Counter