Pendampingan Pengoperasian Aplikasi Monbela Di TPQ Al Hidayah Semanggi

Abstract

Pengabdian ini dilakukan sebagai kegiatan pendampingan kepada orangtua/murid dan para pengajar untuk dapat mengoperasikan Monbela (Monitoring Hasil Belajar al-Quran) agar hasil belajar murid di TPQ Al Hidayah Semanggi dapat terpantau secara periodik. Proses yang sedang berjalan untuk pelaporan hasil belajar menemui kendala di penyampaian hasil, karena hilangnya buku pencatatan hasil belajar murid dan sulit dibaca tulisan tangan dari oengajar yang lain. Metode pelaksanaan pengabdian antara lain tahap pra-pelatihan dengan pengamatan langsung untuk mempersiapkan administrasi dan persuratan sebelum melakukan kegiatan. Tahap selanjutnya pendampingan pengoperasian, pelaksanaan pendampingan menggunakan model simulasi demo aplikasi, selanjutnya tahap evaluasi untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan kegiatan. Sarana prasarana dan fasilitas yang memadai di TPQ Al Hidayah Semanggi belum bisa dimaksimalkan manfaatnya untuk proses penyampaian hasil belajar murid. Oleh karena itu kegiatan pendampingan pengoperasian aplikasi Mondela dirasa penting. Aplikasi Monbela dapat digunakan oleh 3 sisi hak akses, yang pertama adalah pengurus, pengajar dan murid/orangtua. Pengurus menagkses melalui website, sedangkan pengajar dan orangtua/murid melalui smartphone. Kegiatan pengabdian berjalan dengan lancar, peserta yang mengikuti sebanyak 3 orang pengajar dan 15 orangtua/murid. Hak akses dari aplikasi Monbela ada 3 dari akses pengajar dan orangtua/murid berbasis mobile yang dapat melakukan pengolahan data penilaian siswa dan kehadiran siswa secara realtime sesuai pelaksanaan jdwa kegiatan. Dari akses orangtua/murid dapat menerima notifikasi reminder di aplikasi Monbela 20 menit sebelum kegiatan di TPQ berlangsung. Selain itu pelaporan hasil belajar murid di TPQ dapat dipantau orangtua secara realtime sehingga orangtua dapat mendapatkan informasi mengenai perkembangan proses belajar al-Quran.