Hubungan Kecerdasan Emosional dan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah SMK Kesehatan Samarinda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar siswa SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional, skala keharmonisan keluarga, dan skala motivasi belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa SMK Kesehatan Smarinda sebanyak 50 orang. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan F hitung = 4.927 > F tabel = 3.1504, R2 = 0.175, dan p = 0.011. Kemudian, terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar dengan beta = 0.826, t hitung = 2.491 > t tabel = 2.000, dan p = 0.035 < 0.050. Pada keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar diketahui bahwa tidak ada hubungan antara keduanya dengan beta = -0.501, t hitung = -0.501 < t tabel = 2.000 dan p = 0.138 > 0.050.