Sistem Informasi Lembaga Kursus Private Bahasa Inggris Berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.2Kata Kunci:
lembaga kursus, sistem informasi, websiteAbstrak
Bimbingan belajar English Home Soloraya (EHS) adalah sebuah lembaga pembelajaran konsep homeschooling, yakni para pengajar yang mendatangi rumah para murid untuk bimbingan. EHS memiliki beberapa kendala dalam proses bisnisnya, salah satunya dalam bidang administrasi. Sebelumnya, pendataan murid, pengajar, materi masih dilakukan secara manual. Penjadwalan bimbingan yang sering berubah tanpa konfirmasi kepada pengelola EHS juga telah mempersulit untuk merekapitulasi kehadiran murid dan kerja para pengajar. Bukti kehadiran selama ini digunakan sebagai sumber informasi kedua bagi orangtua untuk memantau proses bimbingan anaknya juga bagi pengelola untuk memantau kinerja para pengajar. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun sistem informasi untuk lembaga kursus private bahasa inggris berbasis website. Metode yang digunakan yaitu wawancara, metode observasi, serta metode pustaka. Pada sistem informasi berbasis website ini terdapat beberapa menu yang dapat memudahkan pengelola (administrator) untuk mengolah data murid baru, data pengajar, data pre-post test, data kehadiran dan data pembayaran. Website ini dapat membantu pihak EHS untuk selangkah lebih maju dalam penyampaian informasi serta dapat memudahkan mengelola informasi murid dan informasi kegiatan bimbingan agar bisa diakses oleh orangtua murid.
Unduhan
Referensi
Y. I. Kurniawan and P. A. Windiasani, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Kelolosan Beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan Metode Fuzzy,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 1, pp. 13–17, 2017, doi: 10.15294/jte.v9i1.9322.
Y. I. Kurniawan and T. I. Barokah, “Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor,” J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 1, pp. 73–82, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i1.843.
F. Y. Al Irsyadi, R. Annas, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Benda-Benda di Rumah bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 9, no. 2, pp. 78–92, 2019, doi: 10.34010/jati.v9i2.1844.
F. Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat)?: Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.
F. Y. Al Irsyadi, S. Supriyadi, and Y. I. Kurniawan, “Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability,” Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 3058–3064, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/64862019.
A. S. Haris, S. Fadli, and A. Tantoni, “Sistem Manajemen Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Web,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2019, doi: 10.36595/misi.v2i1.76.
Y. I. Kurniawan and A. F. S. Kusuma, “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, 2021.
F. S. Sulaeman and I. H. Permana, “Sistem Monitoring Penerapan Rencana Anggaran Biaya Berbasis Web,” J. IKRA-ITH Teknol., vol. 5, no. 1, pp. 24–31, 2021.
H. Rubedo, H. Suwandi, and S. Mauluddin, “Sistem Informasi Pertanian Berbasis Kecerdasan Buatan,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. April, pp. 84–95, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.
D. A. Anggoro and Y. E. A. Lukmana, “Sistem Informasi Pengelolaan Data Nilai Siswa Pada Sd Negeri Jambangan 1 Kabupaten Ngawi,” Dinamik, vol. 24, no. 2, pp. 102–112, 2019, doi: 10.35315/dinamik.v24i2.7405.
Y. I. Kurniawan, N. Chasanah, and Nofiyati, “Pengembangan Website Informasi Sekolah di SMP Negeri 2 Kalimanah , Purbalingga,” J. Solma, vol. 09, no. 02, pp. 335–346, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.22236/solma.v9i2.5440.
D. Gunawan, I. A. Ar Raniri, R. N. Setyawan, and Y. D. Prasetya, “Web-Based Library Information System in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 33–41, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.44.
Y. I. Kurniawan, A. Fatikasari, M. L. Hidayat, and M. Waluyo, “Prediction For Cooperative Credit Eligibility Using Data Mining Classification With C4.5 Algorithm,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 57–64, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.2.49.
M. Antaristi and Y. I. Kurniawan, “Aplikasi Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan Metode Naive Bayes di Bank BNI Syariah Surabaya,” J. Tek. Elektro, vol. 9, no. 2, pp. 45–52, 2017.
A. A. Rahman and Y. I. Kurniawan, “Aplikasi Klasifikasi Penerima Kartu Indonesia Sehat Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2018.
A. Ahmad and Y. I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting,” J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 101–108, 2020, doi: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.2.14.
Y. I. Kurniawan, A. Rahmawati, N. Chasanah, and A. Hanifa, “Application for determining the modality preference of student learning,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1367, no. 1, pp. 1–11, doi: 10.1088/1742-6596/1367/1/012011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Yogiek Indra Kurniawan, Riski Agung Putro Laksono, Widiyarti Endang Saputri, Puput Muliana Putri, Arkham Zahri Rakhman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.