Analisis Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ)

Penulis

  • Muhammad Rizki Hamdalah Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Katon Muhammad Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • telma anis safitri Prodi Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.6

Kata Kunci:

balanced scorecard, evaluasi performansi, pengukuran kinerja

Abstrak

  1. XYZ merupakan salah satu perusahaan dibidang makanan cepat saji di Indonesia. Perusahaan ini telah melakukan pengukuran kinerja guna mengevaluasi performansi perusahaan. Akan tetapi, dalam pengukurannya hanya dilakukan berdasarkan aspek finansial saja. Dengan pengukuran kinerja pada finansial saja , tidaklah cukup untuk mendeteksi kinerja perusahaan yang sesungguhnya. Maka dari itu diperlukan metode pengukuran kinerja yang lebih komprehensif untuk menjadi tolok ukur pencapaian target sebuah perusahaan. Tujuan dilakukan penelitian ini guna mengetahui bagaimana penerapan balance scorecard pada PT. XYZ. Balance Scorecard merupakan sebuah metode yang digunakan di penelitian ini untuk mempertimbangkan kinerja dari segi finansial maupun nonfinansial dalam pengukuran kinerja. Pengukuran kinerja pada penelitian ini menggunakan kuisioner pengembangan organisasi untuk menilai perspektif proses bisnis dan internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja berdasarkan perspektif pelanggan sudah cukup baik, sedangkan berdasarkan dari perspektif finansial, proses bisnis internal, serta belajar dan pertumbuhan dinilai belum cukup baik sehingga diperlukan perbaikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Z. Bodie, A. Kane, & A. J. Marcus, Investment. The McGraw-Hill Companies Inc., Singapore,1993

Yuwono, Sony, Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorcard Menuju Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2007.

V. Gazperz, Sistem Pengukuran Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan six sigma untuk organisasi pemerintah. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2002.

Mulyadi & J. Setyawan, Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Aditya Media, Yogyakarta. 1999.

B, Gunawan, “Menilai Kinerja dengan Balanced Scorecard”, Jurnal Manajemen, No.145, hlm 36-40, Semarang. 2000.

F. Luthans, Organization BehaviorEight Edition. Singapore: Mc Graw Hill. 2008.

R. S. Kaplan & D. P. Norton, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, terjemahan Peter R. Yosi Pasla. Erlangga : Jakarta. 2000.

A. D. Solichah, “Analisis Balanced Scorecard sebagai Sarana Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri)”, Jurnal Administrasi Bisnis, vol 27, no 2, 2015.

R. L. Oliver, Satisfaction: A behavioral perspective on the customer. New York. 1997.

D. Parmenter, Key Performance Indicators. New Jersey: John Wiley & Sons. 2007.

J. Warren, Key Performance Indicators (KPI) - Definition and Action: Integrating KPIs into your Company’s Strategy. London: ATI.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Cara Mengutip

Hamdalah, M. R., Muhammad, K., & safitri, telma anis. (2021). Analisis Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.52436/1.jpti.6