Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi

Penulis

  • Erwing Erwing Universitas Muhammadiyah Bone, Indonesia
  • Andi Kurniawati Ahmad Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.15

Kata Kunci:

Aktivitas, Belajar, Media Alat Peraga Sederhana, Tugas Terstruktur

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa melalui Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana, dengan pemberian tugas terstruktur, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa3  Man 2 Bone Kabupaten Bone, yang berjumlah 36 orang. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun prosedur setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan ( refleksi ). teknik pengumpulan yang digunakan pada penelitian ini yaitu tentang hasil belajar yang diambil dengan tes pada akhir setiap siklus, data aktivitas siswa diambil dengan cara menggunakan lembar observasi, pada saat pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pembahasan selama dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa kelas X MIPA3 MAN 2 Bone Kabupaten Bone, mengalami peningkatan pada setiap pertemuan siklus I dan Siklus II atau berada pada criteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dan Siklus II. Hal ini di tunjukkan oleh (1) meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke Siklus II yaitu 15 siswa pada siklus I menjadi 30 siswa pada siklus II. Dengan demikian Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana dengan pemberian tugas terstruktur  dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil  Belajar Biologi Kelas X Mipa3 Man 2 Bone Kabupaten Bone.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Arifin, “Ilmu Pendidikan Islam,” Bumi Aksara : Jakarta, 2006.

A. Abdullah, W. Oviana, & H. Khatimah, “Penggunaan Alat Peraga dari Bahan Bekas dalam Menjelaskan Sistem Respirasi Manusia di MAN Sawang Kabupaten Aceh Selatan,” Jurnal Biologi Edukasi, vol. 3, no. 2, pp 51-55, 2011.

Burhanuddin, “Supervisi Pendidikan Dan Pengajaran,” Rasido: Malang, 2007

S. Wiji, “Dasar-Dasar Ilmu Kependidikan,” Ar-Ruzz: Yogyakarta, 2006.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik,” Rineka Cipta: Jakarta, 2014

Rizki, “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Keep On Learning Dengan Pemberian Tugas Terstruktur Kelas VIII 2 SMP Negri 2 Buluppodo,” Skripsi : Studi Pendidikan matematika STKIP Muhammadiyah Bone, 2017.

Y. I. Kurniawan and A. F. S. Kusuma, “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Salat Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 7–14, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202182182.

F. Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y. I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat)?: Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara,” J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.

F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-05

Cara Mengutip

Erwing, E., & Ahmad, A. K. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Alat Peraga Sederhana Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(2), 75-79. https://doi.org/10.52436/1.jpti.15