Implementasi Rest Untuk Membangun Aplikasi Pemeriksaan Pasien Pada Klinik Koent Berbasis Website

Penulis

  • Luthfi Agung Pradana Universitas Amikom Purwokerto
  • Dwi Krisbiantoro Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.16

Kata Kunci:

Rest, Waterfall, Layanan Kesehatan

Abstrak

Kesehatan merupakan kebutuhan primer bagi umat manusia dan layanan kesehatan merupakan suatu aspek penting dalam kehidupan. Efisiensi dan efektivitas suatu layanan kesehatan sangat penting bagi masyarakat. Klinik Koent merupakan suatu badan layanan kesehatan. Layanan utamanya berupa rekam medis, rekam medis ini masih dilakukan secara manual menggunakan kertas, sehingga kurang optimal dalam proses layanan kesehatan selain itu para pasien harus menunggu 5 sampai 10 menit sampai obat disiapkan oleh apoteker, karena apoteker harus menunggu datangnya resep dari dokter belum lagi mengintegrasikan data pasien dengan data di bagian apotek untuk riwayat pengobatan masih diinput lagi oleh apoteker tentunya hal ini akan membuat kurang efektif dan mengalami penginputan berulang ulang oleh tiap petugas. Dalam penelitian ini penulis mengimplementasikan Rest untuk membangun aplikasi pemeriksaan pasien pada klinik koent berbasis website menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang terintegrasi dengan beberapa bagian diantaranya pendaftaran, apoteker dan dokter, dengan adanya implementasi Rest  pada aplikasi pemeriksaan pasien pada klinik koent berbasis website lebih mudah,cepat dan akurat dalam proses pelayanan kesehatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Y. Jumaryadi, “Customer Complaint Information Systems at National Standardization Agency of Indonesia,” Int. J. Inf. Syst. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 43–49, 2019.

D. S. Damayanti, M. Rusmin, and Z. Arranury, “Gambaran Penerapan Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Berbasis WEB di Puskesmas Kota Makassar Tahun 2015,” Al-Sihah Public Heal. Sci. J., vol. 7, no. 2, p. 6, 2015.

I. Tanjung and D. Sukrianto, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Terpadu Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Rumah Sakit Jiwa Tampan Prov. Riau,” J. Intra-Tech, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2017.

R. Waluyo, M. Dianingrum, and G. D. Dewi, “Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Pelayanan Pasien Pada Klinik Xyz Menggunakan Iso 9126,” J. Pro Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 76–87, 2018.

R. Nendyari, “Sistem Informasi Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat 1 ( Puskesmas ) Terintegrasi Kota Cimahi,” in Prosiding Seminar Nasional Komputer dan Informatika (SENASKI), 2017, vol. 2017, no. 6, pp. 163–168.

R. Dawood, “Rancang Bangun Layanan Web (Web Service) Untuk Aplikasi Rekam Medis Praktik Pribadi Dokter,” J. Komputer, Inf. Teknol. dan Elektro, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2017.

Y. D. Wijaya and M. W. Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 1, pp. 273–276, 2019.

D. T. Hernandhi, E. S. Astuti, and S. Priambada, “Desain Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Untuk Promosi,” J. Adm. Bisnis, vol. 55, no. 1, pp. 1–10, 2018.

D. Andika, “Pengertian Flowchart,” It.Jurnal.Com, 2018.

A. . Rosa and S. M, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur,” in Informatika, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-06

Cara Mengutip

Agung Pradana, L., & Krisbiantoro, D. (2021). Implementasi Rest Untuk Membangun Aplikasi Pemeriksaan Pasien Pada Klinik Koent Berbasis Website. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(3), 111-120. https://doi.org/10.52436/1.jpti.16