Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Indonesia (Studi Komparatif Perbankan BUMN dan Swasta)

Penulis

  • Karina Odia Julialevi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Wita Ramadhanti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.19

Kata Kunci:

Capital Adequacy Ratio, Net Interest Margin, Corporate Social Responsibility, Return On Asset, Return On Equity

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diproksikan oleh indikator keuangan berupa ROA, ROE, NIM dan CAR. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan di Indonesia dari tahun 2012 sampai dengan 2014. Prosedur pemilihan sampel adalah purposive sampling sehingga diperoleh  20 perusahaan. Model penelitian yang digunakan sebagai alat uji adalah  partial least square (PLS) dan Chow Test untuk melihat perbedaan pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh secara positif  terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan yang diproksikan oleh indikator ROA, ROE, dan CAR, baik perbankan berstatus BUMN maupun berstatus Swasta. Sementara untuk indikator NIM tidak berpengaruh secara positif oleh pengungkapan corporate social responsibility baik perbankan berstatus BUMN maupun Swasta. Untuk perbedaan pengaruh menggunakan Chow Test diketahui bahwa untuk indikator ROE terdapat perbedaan pengaruh pengungkapan corporate social responsibility antara perusahaan perbankan BUMN dan Swasta. Sementara untuk indikaor ROA, NIM dan CAR tidak terdapat perbedaan pengaruh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. T. Panjaitan, "Bank Ramah Lingkungan," Penebar Plus: Jakarta, 2015

Peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/2/PBI/2005 Tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum.

M. Syahnaz, "Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan," Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya, vol. 1, no 2, 2013.

M. Hamdani, "Hubungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kinerja Keuangan dan Harga Saham Pada Perusahaan LQ45," Jurnal Organisasi dan Manajemen, vol. 10, no. 1, pp 27-34, Maret 2014.

Y. K. Susanto dan J. Tarigan, "Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas Perusahaan," Business Accounting Review, vol. 1, 2013.

M. Yaparto, "Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2010-2011," Jurnal Mahasiswa Universitas Surabaya, vol. 2, no. 1, 2013.

Darmadji dan Fakhruddin, "Pasar Modal di Indonesia Edisi 3," Salemba Empat: Jakarta, 2012.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 3/30/DPNP tanggal 14 Desember 2001.

L. Dendawijaya, "Manajemen Perbankan," Ghalian Indonesia: Jakarta, 2005.

Candrayanthi dan D. Saputra, "Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia)," E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, vol. 4, no. 1, pp. 141-158, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-11

Cara Mengutip

Julialevi, K. O., & Ramadhanti, W. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Indonesia (Studi Komparatif Perbankan BUMN dan Swasta). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(2), 91-95. https://doi.org/10.52436/1.jpti.19