Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Akhlak Siswa Kepada Teman di MTs MAI Purwakarta

https://doi.org/10.52593/pdg.01.1.04

Authors

  • Munawar Sanusi STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta
  • Ummu Salamah MTs MAI Purwakarta

Keywords:

Kecerdasan, Emosi, Akhlak, Teman Sebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa, akhlak siswa kepada teman dan sejauhmana pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa kepada teman di kelas VIII E MTs. MAI Purwakarta. Pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasional adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis data dikelompokkan menjadi dua kategori, primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan cara menganalisis data yang tersedia, serta menarik kesimpulan. Teori tentang kecerdasan emosional menghasilkan indikator kemampuan siswa untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.dan teori akhlak merupakan variabel independent yang mempengaruhi baik dan buruknya akhlak seseorang adalah memiliki kecerdasan emosional yang baik. Hasil penelitian dari data yang telah dianalisis dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa baik. Hasil perhitungan terhadap data sampel diperoleh nilai kecerdasan emosional siswa = 76,13%. Rata-rata akhlak siswa kepada teman baik. Hasil perhitungan terhadap data sampel diperoleh nilai akhlak siswa kepada teman = 75,49%. Pengaruh kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap akhlak siswa kepada teman, meskipun nilai pengaruhnya hanya 37,80% dan memiliki nilai korelasi 0,615 yang dapat dikategorikan bahwa pengaruh antara kedua variabel kuat. Sehingga kecerdasan emosional siswa perpengaruh secara nyata dan positif terhadap akhlak siswa kepada teman sebesar 37,80%, dan sisanya 62,20% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta

Az-Zarnuji, Syekh. 2009. Panduan Akhlak Guru dan Murid; Terjemahan dari Kitab

At-Ta’lim al-Muta’alim. Demak: Pustaka Ilmu

Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka

Indonesia

Djatnika, Rahmat. 1996. Akhlak Mulia. Jakarta: Pustaka

Golman, Daniel. 2002. Emitional Intelligence (Terjemahan). Jakata: Gramedia

Pustaka Utama

Manpan Drajat, M. R. E. (2015). Etika Ptrofesi Guru. Alfabeta.

Effendi, M. Ridwan dan Manpan Drajat. Etika Profesi Guru. Cet. I: Bandung; Alfabeta, 2014.

Effendi, M. R., & Nurpratiwi, S. (2021). H Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1).

Nurpratiwi, M. R. E. dan S. (2021). Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. Al-Afkar, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.181

Pamungkas, M. Imam. 2012. Akhlak Muslim Modern. Bandung Marja

Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Saebani, Beni Ahmad. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia

Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, EQ, SQ. (Depok: Inisiasi Press

Syah, Darwyan. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gaung Persad

Press

Published

2020-06-30

How to Cite

Sanusi, M., & Salamah, U. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Akhlak Siswa Kepada Teman di MTs MAI Purwakarta. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(01), 42–53. https://doi.org/10.52593/pdg.01.1.04