Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Pada Masyarakat Pedesaan Terhadap Kemajuan Pendidikan Islam
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan ditandai adanya anggapan orangtua murid bahwa penggunaaan media sosial di masyarakat belum efektif, bijaksana dan produktif dalam proses pembelajarn di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat mengetahui penggunaan media sosial bagi orangtua dan anak. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa tumbuhnya motivasi orangtua untuk mengetahui dan menggunakan berbagai jenis media sosial dan menumbuhkan kesadaran akan nilai produktivitas media sosial dalam mendukung program belajar di masa pandemi covid-19.
References
Abdussalam, Huzaifah. 2015. Dampak positif dan negatif media sosial bagi Pelajar.
Effendi, M. R., & Syafrudin, I. (2020). Pertalian Agama Pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 12-27.
Effendi, M. R. Kata Kunci.
Gemilang (Peter Salim dan Yeni Salim, Kamus Besar Kontemporer . Jakarta: Modern English
https://abriantonugraha.wordpress.com/, tanggal 16 Desember 2017.
http://SOSMED/Abdus%20Salaam_%20Dampak%20Media%20Sosial%20Bagi%20Pela
jar.html, tanggal 12 Desember 2017.
Nugraha, Abrianto. 2012. Manfaat Media Sosial dalam Dunia Pendidikan.
Nurhalimah, Sitti. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa
Bidikmisi. DEEPUBLISH
Putra, Jaya. 2012. Pengertian Media sosial peran serta fungsinya.
http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2011/02/definisi-atau-pengertian-istilah-
social.html, diakses 7 Agustus 2017
Suci Nurpratiwi, Muhamad Ridwan Effendi, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom. Istawa, 6(1), 16–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107
S Nurpratiwi, MR Effendi, A Amaliyah - Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2021
Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis
Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di
Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program
Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.
Thobroni, Muhammad and Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran, 2nd edition (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Published
How to Cite
Issue
Section
SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.