Pengembangan Kompetensi Mahasiswa melalui Efektivitas Program KKN

  • Sulfian Syarif STKIP Muhammadiyah Barru
  • Andi Jaya Alam Passalowongi STKIP Muhammadiyah Barru
Keywords: pengembangan kompetensi, efektifitas program, keterampilan mahasiswa

Abstract

Aspek terpenting dalam program KKN adalah menyiapkan lulusan calon pendidik yang professional. Kemampuan untuk mengenali dan mengamati sekolah, hingga dapat berdiri di kelas sebagai sosok yang dinantikan oleh peserta didik, membutuhkan proses panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana program KKN dapat menguatkan kompetensi calon guru yang terdiri dari 1) Kompetensi Paedagogik, 2) Kompetensi Profesional, 3) Kompetensi Sosial, dan 4) Kompetensi Kepribadian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kompetensi mahasiswa melalui program KKN meliputi aspek: kompentesi pedagogik, kompentensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian sosial telah mencapai standar profesi dan dijadikan sebagai tauladan bagi calon guru. Mahasiswa magang 2 sudah memiliki konsep dalam menyusun Rencana Proses Pembelajaran (RPP), yang terdiri dari pengetahuan membuat perencanaan pengajaran, pelaksanaan pengajaran, sampai pada evaluasi pengajaran, dan bahkan sarana dan prasarana, serta administrasi kesiswaan. Mahasiswa juga memperoleh kompetensi kepribadian meliputi: keterampilan berkomunikasi, keterampilan beradaptasi dalam pekerjaan, keterampilan mengelola kerja tim, keterampilan bersosialisasi, dan ketelitian dalam bekerja. Kompetensi tersebut terinternalisasi di dalam diri mahasiswa sebagai insan akademik yang ditopang beberapa matakuliah penunjang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruner, J. S. (1977). The Process of Education. Cambridge: Harvard University Press.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

DiCerbo, P. A., Anstrom, K. A., Baker, L. L., & Rivera, C. (2014). A review of the literature on teaching academic English to English language learners. Review of Educational Research, 84(3), 446-482.

Haryanto, H., Weda, S., & Nashruddin, N. (2018). Politeness principle and its implication in EFL classroom in Indonesia. XLinguae" european Scientific Language Journal", 11(4), 90-112. doi: 10.18355/XL.2018.11.04.09

Ibn Wahab, A. (1995). Al-Jami’a fi Al-Hadith (M. A. al-Khair Ed.). Riyadh: Dar Ibn Al-Jawzy.

Messiou, K. (2017). Research in the field of inclusive education: time for a rethink. International Journal of Inclusive Education, 21(2), 146-159. doi: http://dx.doi.org/10.1080/13603116.2016.1223184

Mirza, H. S. (2014). Decolonizing Higher Education: Black Feminism and the Intersectionality of Race and Gender Intersectionality of Race and Gender. Journal of Feminist Scholarship Journal of Feminist Scholarship, 7(7), 1-12.

Moreno Fuentes, E., & Risueño Martínez, J. J. (2018). Design of a Checklist for Evaluating Language Learning Websites. Porta Linguarum, 30, 23-41.

Munandar, S. C. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk bagi Para Guru dan Orang Tua Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muslih, M. (2018). The Influence of Budgeting System, Organizational Culture, and Firm Size to Performance. FIRM Journal of Management Studies, 3(2).

Nashruddin, N., & Ningtyas, P. R. (2020). English as Foreign Language (EFL) teacher’s questioning strategies in classroom interaction. Utamax: Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 2(1), 5-11. doi: https://doi.org/10.31849/utamax.v2i1.3720

Noddings, N. (1995). Philosophy of Education. Colorado: Westview Press, Inc.

Prayitno. (2005). Layanan Konseling Individu. Padang: FIP Universitas Negeri Padang.

Read, H. (2010). The Philosophy Of Modern Art. ‎Whitefish, Montana: Kessinger Publishing, LLC.

Sahib, R., Nasrullah, N., & Arfiani, N. (2020). The Traits of Efficacious and Inefficacious EFL Teachers Based on Students’ Insight. JELITA, 1(1), 1-9.

Published
2021-01-30
How to Cite
Syarif, S., & Passalowongi, A. J. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa melalui Efektivitas Program KKN. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 1(1), 47-54. Retrieved from https://dmi-journals.org/ijls/article/view/29
Section
Articles