Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN X Koto Singkarak

Authors

  • Dina Novarina Perdana Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v4i2.401

Keywords:

Strategi Think Talk Write, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran matematika dengan metode ekspositori selama ini kurang mampu melatih siswa untuk mengembangkan ide-ide dalam memahami dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Hal ini menyebabkan siswa lebih leluasa untuk mengutarakan pendapatnya kepada siswa lain pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, guru dituntut mampu melakukan inovasi pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar lebih aktif untuk membangun pengetahuan secara mandiri. Salah satu caranya adalah penerapan strategi Think Talk Write dalam pembelajaran matematika.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi Think Talk Write  dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X MAN X Koto Singkarak dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode ekspositori di kelas X MAN X Koto Singkarak.

Pertanyaan penelitian yang dikemukakan adalah apakah motivasi belajar matematika siswa kelas X MAN X Koto Singkarak meningkat dengan penerapan strategi Think Talk Write. Hipotesis penilitian yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi Think Talk Write lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode ekspositori di kelas X MAN X Koto Singkarak. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN X Koto Singkarak yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil dari populasi setelah diketahui bahwa nilai rapor matematika smester I dari populasi memiliki variansi yang homogen dan memiliki kesamaan rerata, dari tiga kelas populasi kemudian dipilih dua kelas sebagai kelas sampel. Dari dua kelas sampel, kelas X1 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol.

Dari analisa data angket motivasi, didapat rerata motivasi sebelum perlakuan adalah 85,14 dengan kriteria motivasi siswa baik. Setelah perlakuan diperoleh rerata motivasi 97,28 dengan kriteria motivasi siswa sangat baik dalam belajar matematika. Maka motivasi belajar matematika siswa meningkat. Setelah dilakukan tes, diperoleh data hasil belajar matematika siswa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen. Pengujian hipotesis digunakan rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Ternyata dari analisa data didapat harga thitung = 3,8935 dan ttable = 1,6629 karena thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima.  

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mengharapkan guru bidang studi matematika dapat menggunakan strategi Think Talk Write dalam mengajar matematika di kelas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnawa, I Made. 2008. Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Berdasarkan

Strategi Think-Talk-Write Untuk

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Aljabar Abstrak. Jurusan Matematika

FMIPA UNAND.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi

Aksara.

Erman. 2010. Educare : Jurnal Pendidikan

dan Budaya. Http//educare.e-fkipunla.net.

Mellyirzal. 2008. mellyirzal.blogspot.com :

Strategi Pembelajaran Think Talk Write.

http://mellyirzal.blogspot.com/2008/12/str

ategi-pembelajran-think-talk-write.html

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi

Pembelajaran Matematika Kontemporer.

Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika

UPI.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran

Inovatif. Surabaya : Masmedia Buana

Pustaka.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Perdana, D. N. (2020). Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MAN X Koto Singkarak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.36057/jips.v4i2.401

Most read articles by the same author(s)