Prosedur Surat Menyurat Bagian SDM Rumah Sakit Umum Pusat DR. M. Djamil Padang

Abstract

Banyak  organisasi atau lembaga yang kurang memperhatikan keberadaan surat dalam  lingkungannya. Surat-surat yang masuk sering kali menumpuk dalam ruangan tanpa  adanya pengelolaan yang baik. Surat yang menumpuk dan tidak tertata akan mengganggu kegiatan organisasi atau lembaga. Selain itu surat yang tidak dikelola dengan baik akan  tercecer, rusak atau bahkan hilang. Masih banyak orang yang beranggapan pengelolaan surat merupakan tugas dan tanggung jawab dari unit tata usaha saja. Sehingga orang  tidak peduli terhadap pengelolaan surat.Suatu organisasi atau lembaga yang memiliki aktivitas yang padat sering dihadapkan  pada persoalan-persoalan administrasi khususnya dalam bidang surat menyurat. Persoalan yang sering terjadi antara lain keamanan surat yang kurang  terjamin,  banyak  surat  yang  hilang  atau  rusak.  Pengurusan  surat memakan waktu yang lama, prosedur pengurusan surat kurang jelas dan lain sebagainya.