Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Subtema Gemar Bernyanyi dan Menari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SDN 09 Timpeh

Authors

  • Sukatmi Sukatmi SDN 09 Timpeh

DOI:

https://doi.org/10.36057/jips.v4i3.428

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demonstrasi

Abstract

Untuk memahami suatu konsep dasar pelajaran. Perlu adanya kegiatan obsevasi dengan  menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dalam penyajian materi pelajaran. Karena melalui metode demonstrasi dapat mengembangkan kemampuan Kognitif, afektif maupun Psikomotor siswa, sehingga pemahan konsep pelajaran akan lebih bermakna. Berdasarkan penglaman peneliti pada pembelajaran terhadap siswa kelas I, dimana dari 17 siswa setelah dilaksankan tes Formatif hanya 6 siswa yang tuntas sedangkan 11 siswa dinyatakan belum tuntas dan  nilai rata-rata kelas hanya  66,47 ketuntasan klasikal 35%. Berawal  dari permasalah ini penulis mencoba mencari akar permasalahan yang sebenarnya terjadi dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas. Penelitihan dilaksanakan dalam dua  tahap yaitu siklus 1 dan Siklus II. Berdasarkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I  menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa , hal ini dapat dilihat dari hasil tes formatif pra siklus hanya  6 meningkat menjadi 11 siswa yang tuntas dan nilai  rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 66,47 menjadi 77,05 dan ketuntasan klasikal mencapai 65%. Hasil Perbaikan pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan siswa yang tuntas  pada siklus I hanya 11 siswa menjadi 17 siswa ,Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75 dan ketuntasan kjlasikal mencapai 89,12 dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat menigkatkan pemahaman siswa terhadap tema kegemaranku subtema gembar bernyanyi dan menari pada kelas I  SD Negeri 09 Timpeh tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
[2]Agung, Iskandar . 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
[3]Cecep. (2005). Penggunaan Metode Demonstrasi. Jakarta : Balai Pustaka.
[4]Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
[5]Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
,. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
[6]Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara. Jakarta.
[7]JJ. Hasibuan dan Moedjiono.2006. Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya
[8]Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
[9]Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
[10]Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
[11]Suryabrata Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali, 1984
[12]Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
[13]Winkel, WS. (2009). Psikologi Pengajaran.Yogyakarta: Media Abadi

Downloads

Published

2020-12-23

How to Cite

Sukatmi, S. (2020). Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Subtema Gemar Bernyanyi dan Menari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SDN 09 Timpeh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(3), 118–126. https://doi.org/10.36057/jips.v4i3.428