Korelasi Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Ekasakti Padang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Ekasakti Padang dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran. Adapun beberapa permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini sulitnya siswa mengembangkan ide dalam menulis teks eksposisi dan kurangnya motivasi belajar siswa dalam menulis teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keterampilan menulis teks eksposisi dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA Ekasakti Padang Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Ekasakti Padang yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap memiliki kriteria yang hampir sama dengan populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Data penelitian ini adalah skor dari pernyataan angket motivasi belajar yang diisi oleh siswa dan skor dari hasil tes  keterampilan menulis teks eksposisi yang telah ditulis oleh siswa. Teknik analisi data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas dilakukan dengan Uji Liliefors, uji homogenitas dan analisis uji korelasi product moment dengan bantuan software SPSS(Statistik Product And Service Solution) Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh sebagaiberikut Pertama, motivasi belajar siswa kelas X SMA Ekasakti Padang berada pada kualifikasi Sedang (S) dengan nilai rata-rata 74,02. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Ekasakti Padang berada pada LebihdariCukup (LDC) dengan nilai rata-rata 66.97. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Ekasakti Padang karena nilai thitung lebih besar daripada ttabel”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi siswa tersebut.