PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS PADA KELOMPOK B DI TK FLAMBOYAN TOLOWATA AMBALAWI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui origami pada anak kelompok B TK Flamboyan Tolowata Ambalawi Bima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 19 anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minimal 75 % dari 19 anak memiliki keterampilan motorik halus dan kriteria baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak meningkat setelah adanya tindakan melalui origami. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase keterampilan motorik halus anak sebesar 39,47 %. Pada siklus I sebesar 50,86 % dengan peningkatan 11,39 %. Pada siklus II sebesar 60,33 % dengan peningkatan 9,47 %. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak kelompk B dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan 75 %. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak adalah 1) guru menjelaskan cara melipat kertas dengan metode demonstrasi; 2) anak diberi penguatan dengan kata “setrika lipatan” yang sudah dibuat; 3) anak diberi reward berupa pujian; 4) penggunaan kertas lipat motif untuk memarik minat anak.