PENDIDIKAN BERBASIS STEM (SAINS, TEKNOLOGI, ENGGENERING DAN MATEMATIKA) DAN IMPLIKASI PADA DOMAIN AFEKTIF

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan tentang konsep pendidikan berbasis STEM dan implikasinya pada domain Afektif. Pendidikan berbasis STEM merupakan konsep pendidikan yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran Sains, Teknologi, enggenering dan Matematika, STEM telah dikembangkan diberbagai Negara maju dan Negara berkembang. Pendidikan STEM tidak bermakna hanya penguatan praksis pendidikan dalam bidang-bidang STEM secara terpisah, melainkan mengembangkan pendekatan pendidikan dengan mengintegrasikan sains, teknonogi, enggenering, dan matematika, dengan memfokuskan proses pendidikan pada pemecahan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari, dan juga tentang sikap, motivasi, tanggung jawab terhadap tugas, bekerjasama, dll. Domain Afektif merupakan domain yang penting yang harus dimunculkan karena ia berhubungan dengan pengalaman-pengalaman peserta didik di lingkungan belajarnya, selain dari itu pula domain afektif menjadi pemicu peserta didik untuk menjadi manusia yang mulia, Domain afektif berhubungan dengan spiritual, moral, motivasi, emosional, sosial dan estetika.