Pemahaman Siswa tentang Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air dengan Pelestarian Budaya Bangsa

Authors

  • Nur'aini Nur'aini STKIP Arrahmaniyah
  • Mohamad Abduh STKIP Arrahmaniyah
  • Suidat Suidat STKIP Arrahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.37640/jcv.v1i1.911

Keywords:

Globalisasi, Cinta Tanah Air, Budaya Bangsa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai Oktober 2020. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi koralasional. Jumlah sampel sebanyak 181 siswa yang didapat secara acak. Penelitian ini menyimpulkan; (1) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang globalisasi dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry1) sebesar 0,5450 (?=0,05). Kontribusi pemahaman tentang globalisasi sebesar 29,71% (ry1). (2) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry2) sebesar 6,501 (?=0,05). Kontribusi sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa sebesar 19,10% (ry2). Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air secara bersama-sama dengan pelestarian budaya bangsa dengan koefisien korelasi (ry12) sebesar 0,6117 (?=0,05). Kontribusi pemahaman siswa tentang globalisasi dan sikap cinta tanah air dengan pelestarian budaya bangsa sebesar 37,42% (Ry12).

References

Arjoni, A., & Handayani, T. (2017). Peran Madrasah dalam Menangkal Dampak Negatif Globalisasi terhadap Perilaku Remaja. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(1), 1-14.

Iriansyah, H. S. (2020). Krisis Asia, Kapitalisme dan Negara Kesejahteraan (Tinjauan Analisis Kapitalisme Korea Selatan). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 53-60.

Kartini, K. (2017). Memahami Ketimpangan Informasi di Era Globalisasi. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 59-74.

Pudjiastuti, S. R. (2018). Implementation of The Mind Mapping Model With Scattergories Game in Improving Creativity and Learning Outcomes in National Education Materials. JHSS (Journal Of Humanities and Social Studies), 2(2), 22-24.

Pudjiastuti, S. R. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Pudjiastuti, S. R. (2020). Meningkatkan Pemahaman Materi Globalisasi dan Sikap Sosial Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Cimanggis Depok. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 1-5.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwarna, S., & Jatirahayu, S. D. (2013). Pembelajaran Karakter yang Menyenangkan (Refleksi Sebuah Pengalaman). Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 274-287.

Riwanto, R. (2016). Globalisasi Perubahan Sosial Budaya Dan Krisis Multidimensi Di Indonesia. Social Studies, 4(2), 17-29.

Rostini, T. (2018). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SDN Nagrak 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 171-184.

Rusli, W. (2013). Sistem Pendidikan Islam Menurut Hos Cokroaminoto (Konsep Muslim Nasional Onderwijs, Historis Dan Globalisasi). Jurnal Kependidikan, 1(1), 45-63.

Downloads

Published

2021-03-18