Pengklasifikasian Konsumsi Listrik Dengan Menggunakan Analisis Diskriminan Tiga Faktor di Kelurahan Penggoli Kecamatan Wara Utara Kota Palopo

  • Ewi Deanasari Universitas Cokroaminoto Palopo, Fakultas Sains, Palopo, Indonesia
  • Muhammad Muzaini Universitas Cokroaminoto Palopo, Fakultas Sains, Palopo, Indonesia
  • Dwi Risky Arifanti IAIN Palopo, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Palopo, Indonesia
Keywords: Konsumsi Listrik, Pengklasifikasian, Analisis Diskriminan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fungsi diskriminan tiga faktor yang terbentuk, untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kategori penggunaan konsumsi listrik rendah, sedang, dan tinggi. Faktor yang mempengaruhi perbedaan penggunaan konsumsi listrik dan seberapa besar ketepatan hasil klasifikasi dari fungsi diskriminan. Variabel independen yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu total barang elektronik , jumlah anggota keluarga , lama waktu di Rumah , dan luas bangun rumah. Sedangkan variabel dependennya adalah kategori penggunaan konsumsi listrik , rendah, sedang, dan tinggi. Hasil analisis diskriminan tiga faktor, menunjukkan ada dua fungsi diskriminan yang terbentuk, yaitu  dan . Ada perbedaan yang signifikan antara kategori pengunaan konsumsi listrik rendah, sedang, dan tinggi. Variabel yang signifikan membedakan penggunaan konsumsi listrik adalah total barang elektronik, jumlah anggota keluarga, dan lama waktu di Rumah. Dalam pengujian validasi diperoleh angka ketepatan  mengklasifikasi kasus sebesar 84%, karena diatas 50%, maka fungsi diskriminan yang terbentuk dianggap tepat untuk menggolongkan ketiga kategori penggunaan konsumsi listrik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasbi, M., Lukito, A., Sulaiman, R., & Muzaini, M. (2019). Improving the Mathematical Connection Ability of Middle-School Students through Realistic Mathematics Approach. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(1), 37-46.

Muzaini, M., Juniati, D., & Siswono, T. Y. (2018). Cognitive Style of File-dependent (FD): Quantitative Reasoning in Generalizing. Pancaran Pendidikan, 7(1).

Saleh, A. 2015. Implementasi Meode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Citec Journal, 2(3): 207-217.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Meodologi penelitian bisnis untuk akutansi dan manajemen. BPFE. Yogyakarta.

Santoso, S. 2002. Buku latihan SPSS Statistika Multivariat. PT Elex Media Komptindo. Jakarta.

Yulia, Nurul Azwanti. 2018. Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga di Kota Batam. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 2(2): 584-590.

Published
2020-08-22
How to Cite
[1]
E. Deanasari, M. Muzaini, and D. Risky Arifanti, “Pengklasifikasian Konsumsi Listrik Dengan Menggunakan Analisis Diskriminan Tiga Faktor di Kelurahan Penggoli Kecamatan Wara Utara Kota Palopo”, IJMA, vol. 1, no. 1, pp. 16-21, Aug. 2020.