Program Anuitas Bagi Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Palopo

  • Izzah Fiththohiro Universitas Cokroaminoto Palopo, Fakultas Sains, Palopo, Indonesia
  • Marwan Sam Universitas Cokroaminoto Palopo, Fakultas Sains, Palopo, Indonesia
Keywords: Anuitas, Bunga Bank, Flat, Efektif

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem bunga flat dan sistem bunga efektif yang diterapkan oleh salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Palopo. Proses penelitian yang dilakukan dengan mempelajari teori sistem anuitas bunga flat dan sistem bunga efektif, mengumpulkan data dari perbendaharaan yang ada pada salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Palopo dan menganalisis hasil penelitian yang diperoleh. Langkah-langkah yang dilakukan dalam perhitungan sistem bunga flat dan sistem bunga efektif dengan cara mengumpulkan data debitur, menentukan nilai pokok pinjaman (P), menentukan suku bunga (i), menentukan bunga waktu dalam tahun (t), menghitung sistem bunga flat, menghitung sistem bunga efektif, membandingkan nilai pokok pinjaman dan suku bunga, jika nilai pokok pinjaman tetap dan suku bunga menurun maka menggunakan sistem bunga efektif dan jika nilai pokok pinjaman berubah dan suku bunga tetap maka menggunakan sistem bunga flat. Berdasarkan hasil perhitungan pembayaran kredit pinjaman dengan menggunakan metode bunga flat memperoleh pendapatan bunga secara tetap di setiap periode pembayaran kredit pinjaman oleh nasabah sehingga memperoleh laba yang maksimum. Namun, jika dibandingkan dengan metode bunga efektif maka Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mendapat pendapatan bunga yang berbeda setiap periode pembayaran kredit pinjaman oleh nasabah, sehingga pada saat sisa hutang masih besar diawal periode pinjaman, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sudah mengambil keuntungan yang cukup besar. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem perhitungan pada salah satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Kota Palopo menerapkan sistem bunga flat dan sistem bunga efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, J. dan Susanty, Y. F. 2014. Analisis Komparatif Penerapan Suku Bunga KPR Bank Di Batam. Jurnal Manajemen. Vol. 14 (1): 97-124.

Dewi, O. A., Darminto dan Endang, M. G. 2014. Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 9 (2): 1-8.

Kho, J. dan Fatmawati, A. 2013. Momen Akumulasi Dari Suatu Anuitas Awal dengan Tingkat Bunga Efektif. Prosiding Semirata FMIPA. https://www.jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/artcicle/viewFile/891/710. Diakses 02 Januari 2019.

Margareta, M. 2010. Analisis Anuitas pada Penentuan Premi Asuransi Jiwa. Skripsi. Malang: Fakultas Sains dan Teknologi-UIN Maulana Malik Ibrahim.

Rizal, M. 2017. Pengaruh Komponen-Komponen Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Kredit pada PT. BPR Hasamitra di Sulawesi Selatan. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Sari, P. D dan Jazwinarti. 2016. Anuitas Last Survivor untuk Kasus Tiga Orang Tertanggung. Jurnal MIPA. Vol. 39 (1): 70-77.

Swasnita, Suparti dan Sugito. 2014. Perhitungan Suku Bunga Efektif untuk Penentuan Alternatif Pembiayaan Kendaraan Motor pada Leasing dan Bank dengan Metode Interpolasi Linier. Jurnal Gaussian. Vol. 4 (2): 403-412

Published
2021-03-06
How to Cite
[1]
I. Fiththohiro and M. Sam, “Program Anuitas Bagi Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Di Kota Palopo”, IJMA, vol. 1, no. 2, pp. 12-21, Mar. 2021.