Penerapan Kebijkan Rapor Elektronik pada Kurikulum 2013 Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia

Authors

  • Hamidi STAI Al-Hamidiyah Bangkalan
  • Mahsun STAI Al-Hamidiyah Bangkalan

Keywords:

Implementasi Kebijakan, Rapor Elektronik, Kurikulum 2013

Abstract

Penerapan kebijakan rapor elektronik pada kurikulum 2013 merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah pendidikan. Banyak kendala yang dihadapi karena berbagai faktor yang seringkali mempengaruhi penerapan kebijakan. Kebijakan yang telah melewati tahapan-tahapan belum tentu berhasil dalam penerapannya. Untuk mencapai keberhasilan dalam melaksanakan kebijakan, maka kendala harus diatasi sedini mungkin. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penerapan kebijakan rapor elektronik pada kurikulum 2013 dan berbagai kendala yang dihadapi dalam kebijakan tersebut, yaitu sejauh mana efektivitas penerapan rapor elektronik sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan kebijakan rapor elektronik pada kurikulum 2013 merupakan inovasi baru dalam pendidikan dan bertujuan untuk memantau, mengevaluasi proses kemajuan pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar siswa secara berkelanjutan. Selain itu, untuk sinkronisasi nilai yang ada di lembaga atau sekolah dengan server Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2) Kendala dalam penerapan kebijakan rapor elektronik diantaranya, adalah sering terjadi sistem update. Selain itu, jaringan internet terkadang kurang baik sehingga penggunaan raport elektronik sangat sedikit peminatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwin, (1995), Implementasi Kebijakan, Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan UGM.

Eti Rochaety, dkk, (2009), Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Cet. Ke- IV Jakarta: Bumi Aksara.

Lukman Ahmad, Munir, (2018), Sistem Informasi Manajemen, Banda Aceh: Kita Publisher.

M. Solly Lubis, (2014), Politik Hukum dan Kebijakan Publik, Jakarta: Sofmedia.

M. Irfan Islamy, (2009), Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Cetakan ke-15. Jakarta: Bumi Aksara.

Pupu Saeful Rahmat, (2009), Penelitian Kualitatif, Equilibrium 5, No. 9, Januari-Juni.

Solichin, Abdul Wahab, (2008), Analisis Kebijakan; dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto, (2002), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Said Zainal Abidin, (2004), Kebijakan Publik, Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

William N. Dunn, (2003), Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sri Roekminiati, dkk, Evaluation Of Implementation Of Post-Transition Management Post Report BY Provincial Government (Case Study At State Senior High School 19 And State Senior High School 20 Surabaya, Asketik, Journal. Vol. 2, No. 2 Desember 2018.

IwanSutardiBudiSantoso,http://bappeda.jogjaprov.go.id/karya_perencanaan/27-

http://ditpsmp.kemdikbud.go. id/erapor

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles