KEEFEKTIFAN METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KARANGLO

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   keefektifan   metode   SQ3R   terhadap kemampuan   membaca   pemahaman   peserta   didik   kelas   IV   SD   Negeri   Karanglo. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain   penelitian   yang   digunakan   yaitu   Pretest-Posttest   Control   Group   Design. Sedangkan prosedur penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model penelitian dari ahli  Sugiyono.  Teknik  pengumpulan  data  penelitian  berupa  tes  dan  angket.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada kemampuan membaca  pemahaman dengan metode diskusi bagi peserta didik kelas IV SD Negeri Karanglo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test angket dengan taraf signifikansi 95 % (0,05) diperoleh t hitung (2,575) > t tabel (2,037) serta hasil t-test hasil belajar dengan taraf signifikansi 95 % (0,05) diperoleh t hitung (2,963) > t tabel (2,037). Berdasarkan nilai t hitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan metode diskusi.