ANALISIS KESIAPAN DAN EVALUASI PENGELOLAAN LABORATORIUM IPA BERBASIS TEKNOLOGI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Abstract

Kondisi ideal laboratorium IPA disekolah yang memenuhi PP RI No.19 Tahun 2005 telah menetapkan 8 standar laboratorium  dan Permendiknas No 24 Tahun 2007 standar Sarana dan Prasarana pendidikan, namun faktanya tidak demikian kondisi ketersediaan dan kesiapan laboratorium IPA belum berfungsi dengan baik, Desain Based Research (DBR) yang terdiri dari: Identifikasi dan analisis masalah, Perancangan solusi, Siklus berulang dalam pengujian dan penyempurnaan rancangan, serta Refleksi untuk menghasilkan prinsip-prinsip desain dan implementasi. Metode pengumpulan data melalui survei, angket kesiapan dan ketersediaan Laboratorium IPA dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis validasi produk, keterlaksanaan produk, analisis repons serta keefektifan produk kebijakan yang ditawarkan. Hasil analisis Kesiapan Laboratorium IPA berbasis teknologi kriteria belum mencapai 50% artinya kurang siap, Evaluasi penyelenggaraan Laboratorium IPA tertinggi diperoleh sekolah negeri wilayah kota sebesar 85% kategori sangat baik, sedangkan skor terendah diperoleh sekolah swasta wilayah desa sebesar 66,25% kategori cukup, sedangkan ketersediaan Sarana dan prasarana Laboratorium IPA telah memenuhi standar Permendiknas No 24 Tahun 2007 sebesar 78,3% kategori baik. Perlunya kebijakan penelitian pendidikan untuk dapat mengatasi masalah laboratorium IPA di era revolusi industry 4.0 berupa revitalisasi pengelolaan Laboratorium IPA pada sistem cyber dan laboratorium virtual berbasis Teknologi.