REDESIGN SMART TRAVELING BAG MULTIFUNGSI UNTUK BALITA DAN ORANG TUA

  • Choirul Anam INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA
  • Rizal Bagus Permana INSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA
Abstract views: 413 , pdf downloads: 404
Keywords: Desain, Tas Pintar Multifungsi, Perjalanan, Orang Tua, Balita

Abstract

ABSTRAK

 Tas adalah barang yang sering dibawa oleh traveler yang sudah berkeluarga dan memiliki balita dengan mengendarai sepeda motor. Terdapat peralatan yang banyak sehingga dibutuhkan sebuah solusi untuk membawa perlengkapan balita dan perlengkapan orang tua apabila traveling sedang dilakukan selama empat jam. Smart Bag merupakan salah satu jenis tas yang berbentuk ransel yang memiliki berbagai fungsi yang sedang diminati untuk traveling dengan disertai beberapa teknologi yang nyaman saat digunakan. Metode yang digunakan dalam pencarian data adalah mix metode, yaitu metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif (metode penelitian berdasarkan observasi dan wawancara) dan kuantitatif (metode penelitian berdasarkan hasil kuisioner). Menurut hasil survey, wawancara dan penyebaran kuisioner di dua tempat yaitu Waterpark Kenjeran Surabaya dan Kebun Binatang Surabaya. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut diolah kembali dengan cara melakukan beberapa analisis-analisis terkait dengan kebutuhan dan permasalahan. Analisis yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan permasalahan yang ada di lingkungan yaitu analisis desain, analisis perilaku, analisis teknologi, analisis ergonomi dan antropometri, analisis kompetitor dan analisis layout penempatan.

 Kata Kunci : Desain, Tas Pintar Multifungsi, Perjalanan, Orang Tua, Balita

 

ABSTRACT

Bags are items that are often taken by travelers who are married and have a toddler riding a motorcycle. There is a lot of equipment so that we need a solution to bring toddler equipment and parental equipment efficient when traveling is done for four hours. Smart Bag is one type of bag in the form of a backpack that has various functions that are in demand for traveling, accompanied by some comfortable technology when used. The method used in the search for data is a mix of methods, namely research methods that use qualitative approaches (research methods based on observations and interviews) and quantitative (research methods based on the results of the questionnaire). According to survey results, interviews and questionnaires in two places, namely Surabaya Kenjeran Waterpark and Surabaya Zoo. Then the results of the data collection are reprocessed by conducting several analyzes related to needs and problems. Analysis conducted to meet the needs and problems in the environment, namely design analysis, behavior analysis, technology analysis, ergonomics and anthropometry analysis, competitor analysis and placement layout analysis.       

 Keywords: design, multifunction smart bag, travel, parents, toddler

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andesita Nurinda Wulandari dan Agus Windharto, 2018, Desain Koper Pintar Untuk Business Traveller, Surabaya; Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Dr. Awi Muliadi Wijaya, 2017, Batasan Usia Anak dan Pembagian Kelompok Umur Anak, infodokterku.com
Ginting, Rosnani, 2010. Perancangan Produk, Yogyakarta; Graha Ilmu.
Glenn Kaonang, 2015, Tas Ransel Pintar Sekaligus Power Bank Raksasa, dailysocial.id
Muhammad Yudi Prawira, Purwanto, M. Azis Muslim, 2014, Pengendalian Suhu Pada Pasteurisasi Asi (Air Susu Ibu) Dengan Metode Flash Heating Berbasis Mikrokontroler Atmega 2560, Malang; Teknik Elektro Universitas Brawijaya.
Published
2020-03-25
How to Cite
Anam, C., & Permana, R. B. (2020). REDESIGN SMART TRAVELING BAG MULTIFUNGSI UNTUK BALITA DAN ORANG TUA. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 7(2), 14. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v7i2.9