Main Article Content

Abstract

Guru memiliki  peran sangat strategis dalam menyiapkan peserta didik kehidupan masa depan. Oleh karena itu, pemahaman terhadap kondisi kehidupan masa depan yang didalamnya berisi tantangan yang dihadapi dan peluang yang dapat dimanfaatkan agar peserta didik dapat memuliakan dirinya menjadi penting dimiliki oleh guru sebagai landasan orientasi dalam membuat keputusan instruksional. Pengenalan terhadap tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh abad 21 sangat diperlukan oleh guru TK dan SD agar dapat mempersiapkan masa kehidupan anak sejak usia dini. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk mensosialisasikan kepada guru mitra tentang tantangan dan peluang yang dihadirkan oleh era abad 21 serta ketrampilan-ketrampilan perlu dikembangkan sejak usia dini dan juga pendekatan pembelajaran yang hendaknya diimplementasikan. Mitra kegiatan pengabdian adalah guru TK dan SD di lingkungan Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Metode yang diterapkan adalah penyuluhan yang diisi dengan kegiatan cerama, tanya jawab dan diskusi. Hasil kegiatan berupa peningkatan dan pendalama pemahaman peserta tentang peluan dan tantangan abad 21 serta implikasi bagi pelaksanaan pendidikan di TK dan SD. 

Keywords

Pendidikan Era Abad 21 PAUD Tantangan dan Peluang

Article Details

Author Biography

Didik Suryadi, Universitas Bengkulu

PG PAUD
How to Cite
Suryadi, D. (2020). TANTANGAN PENDIDIKAN DALAM ERA ABAD 21 ( Penyuluhan Pada Guru TK dan SD di Kecamatan Seluma Barat, Kabupaten Seluma, Propinsi Bengkulu ). Jurnal ABDI PAUD, 1(1), 27–35. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v1i1.14041

References

  1. Buchori, Mochtar (2001) Pendidikan Antisipatoris, Yogyakarta: Kanisius
  2. Heriansyah,Hendra (2014), The Impacts of Internationalization and Globalization on Educational Context. Journal of Education and Learning. Vol. 8(2), pp. 164-170.
  3. Prasetyo, Hoedi , Wahyudi Sutopok,(2018), Indtrui 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset, Jurnal Tenik Industri.Vol.13.1 Januari
  4. Selman, Yohanes Fakundo; Jaedun,A(2020), Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools, Jurnal : JPI, Vol. 9 No. 2, June 2020 DOI: 10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23459
  5. Sholeh, Muh, (2010), Implementasi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Penginderaan Jauh, Jurnal Geografi Volume 7 No. 2 Juli 2010, UNES
  6. Sulianto, Joko (2018), Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal: Pythagoras, Vol. 4, No. 2, Desember 2008: 14-25
  7. Tilaar, (1990), Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI , Jakarta: Balai Pustaka
  8. Trilling, Bernie & Charles Fadel (2009), 21st Century Skills Learning for Life in Our Time, Sanfransisco: Jossey-Bass A Willy Imprint.
  9. Watini, Sri (2019), Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini, Jurnal, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v3i1.111 Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 82 – 90
  10. Widiansyah, Subhan; Hamsah, (2018), Dampak Perubahan Global terhadap Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Nasional (Kasus pada Masyarakat Bugis-Makasar), Jurnal Hermeneutika, Vol.4