Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 oleh PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning

Choirul Muna(1*), Mudhofir Yusuf Saifulloh(2), Fajar Sodik(3),


(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

The spread and increase in the number of COVID-19 cases has occurred very quickly and has even spread in various countries including Indonesia. With the increase in the spread of this virus, it has an impact on various sectors, one of which is the weakening of the economy marked by the high number of layoffs (PHK). In a difficult situation like this, the role of business institutions is needed. For example, through Corporate Social Responsibility (CSR) programs. For example at PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning through donation programs (charity), capacity building and community empowerment. The technical data used in this research is the SOAR model which is analyzed qualitatively based on interview data and literature review. The results of this study indicate that PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning through the Citronella Instant Hand Sanitizer community empowerment program is able to move the economy of the local community, especially lemongrass farmers. This shows the existence of CSR efforts to develop the capacity of fostered partners by maximizing the potential of local wisdom in the current pandemic situation.

Abstrak

Penyebaran dan peningkatan jumlah kasus COVID-19 telah terjadi sangat cepat dan bahkan telah menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Dengan meningkatnya penyebaran virus ini, berdampak pada berbagai sektor, salah satunya adalah melemahnya perekonomian yang ditandai dengan tingginya angka PHK (PHK). Dalam situasi sulit seperti ini, peran institusi bisnis sangat dibutuhkan. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning melakukan program donasi (amal), peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat. Data teknis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SOAR yang dianalisis secara kualitatif berdasarkan data wawancara dan tinjauan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning melalui program pemberdayaan masyarakat mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya petani serai. Hal ini menunjukkan adanya upaya CSR untuk mengembangkan kapasitas mitra binaan dengan memaksimalkan potensi kearifan lokal dalam situasi pandemi saat ini.



Keywords


community empowerment, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Adelia Alfama Zamista, Hanafi. “Analisis SOAR Pada Strategi Pemasaran Di Industri Jasa Finance.” JURNAL TEKNIK INDUSTRI 6, no. 1 (2020): 27–33. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/9335.

Azwar Iskandar, Bayu Taufiq Possumah, Khaerul Aqbar. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi COVID-19.” SALAM;Jurnal Sosial & Budaya Syar-i 7, no. 7 (2020): 625–638. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15544/pdf.

Hadiwardoyo, Wibowo. “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi COVID-19.” Baskara Journal of Business and Enterpreneurship 2, no. 2 (2020): 83–92. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/baskara/article/view/6207.

Kemenkes RI. “KMK No. HK.01.07-MENKES-413-2020 Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian COVID-19,” 2020.

Kemnaker, Biro Humas (Kementrian Ketenagakerjaan). “Pemerintah Antisipasi Penambahan Pengangguran Di Masa Pandemi COVID-19.” Kemnaker.Co.Id. Last modified 2020. Accessed September 19, 2020. https://kemnaker.go.id/news/detail/pemerintah-antisipasi-penambahan-pengangguran-di-masa-pandemi-COVID-19.

Mudjarad, Kuncoro, and Ancok Tandelilin, Eduardus Djamaludin. Tranformasi Pertamina. Edited by A.tony Prasentiantono. 1st ed. Yogyakarta: Galangpress, 2009. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=VS7M1QisNv0C&oi=fnd&pg=PR5&dq=related:-TF7NYJZ-SkJ:scholar.google.com/&ots=9m0xh2AaPc&sig=A8dZVVORiM6fmm0djlj0yIAifi4&redir_esc=y#v=onepage&q=(PKBL)&f=false.

Noor, Hadi. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Noor, Munawar. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.” Jurnal Ilmiah CIVIS 1, no. 2 (2011): 87–99. http://103.98.176.9/index.php/civis/article/view/591.

Nurjanah, Adhianty. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT URBAN(MISKIN PERKOTAAN)PT SARI HUSADA YOGYAKARTAMELALUI PROGRAMCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR)RUMAH SRIKANDI” (2018): 1–17. http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/1392/PNLT2234.pdf?seq.

Prayogo, Dody. Socially Responsible Corporation: Peta Masalah, Tanggung Jawab Sosial, Dan Pembangunan Komunitas Pada Industri Tambang Dan Migas. Jakarta: Universitasa Indonesia (UI Press), 2011.

Rasyid, Anuar, Saleh Amiruddin, Hafied Canggara, and Wahtyu Budi Priatna. “Komunikasi Dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat Dan Membangun Citra Positif.” MIMBAR 31, no. 2 (2015): 507–518. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/viewFile/1564/1130.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana. Diundangkan Pada 10 Maret 2007, 2007.

Romi, Marnelly. “CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR):Tinjauan Teori Dan Praktek Di Indonesia.” Jurnal Aplikasi Bisnis 2, no. 2 (2012): 49–59. https://www.academia.edu/30213987/Akuntansi_Pertanggungjawaban_sosial_Corporate_sosial_Responbilitty_.

Sarwono, Jonathan. Metode Riset Skripsi: Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS). Jakarta: Gramedia, 2012.

Silpa, Hanoatubun. “Dampak COVID-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.” EduPsyCouns Journal 2, no. 1 (2020): 146–153. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/423.

Stavros, and Saint. Linking Strategy and OD to Suistainable Performance. Practicing Organization Development: U Guide for Leading Change, 2010.

Suharto. Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: Rafika Aditama, 2005.

Sutejo, Bambang. “IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. PERTAMINA ( PERSERO ) REFINERY UNIT II SUNGI PAKNING DALAM MENCIPTAKAN CITRA POSITIF DI KALANGAN MASYARAKAT DESA SUKAJADI KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM, 2010. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11188.

Syahdiyah Sugiarti, Wiwid. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui Metode Analisis Soar (Strength, Opportunity, Aspirations, Result) Studi Pada UMKM Kue Cubit Laina Di Medan.” UNIVERSITAS SUMATERA UTARA, 2017. http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/66381.

Syahyuti. 30 Konsep Penting Dalam Pembangunan Pedesaan Dan Pertanian. Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2006.

Tim Redaksi PT. Pertamina. Sustainability Report Pertamina 2019, 2019.

Yuniarti Wahyuningrum, Irwan Noor, Abdul Wachid. “Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Pada Implementasi CSR PT. Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan).” Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya 1, no. 5 (2014): 109–115. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/340.

Zonapekan.com. “Penanganan Virus Corona, Ini Daftar 44 Rumah Sakit Rujukan Di Riau.” ZONAPEKAN.Com. Last modified 2020. Accessed September 19, 2020. https://zonapekan.com/news/detail/1335/penanganan-virus-corona-ini-daftar-44-rumah-sakit-rujukan-di-riau.




DOI: 10.24235/empower.v5i2.7269

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.